15 Kebiasaan Produktif

Spirit Tabayyun di Era Digital
July 26, 2018
Trampolin di SMPN 6 Kota Bima
July 27, 2018

15 Kebiasaan Produktif

Kevin Kruse adalah pengarang best-seller, kontributor Forbes dan Inc, juga seorang CEO. Di buku ini Kruse merangkum intisari kebiasaan produktif dari 7 milyuner, 13 atlet Olimpiade, 29 mahasiswa straight-A dan 239 entrepreneur. Hasilnya, ada 15 kebiasaan yg mereka lakukan sehingga sukses di bidangnya.

1. Menyadari bahwa waktu adalah sumberdaya yg berharga dan langka. Dalam sehari kita memiliki 1.440 menit. Ini adalah jumlah yg banyak. Kita perlu mengatur menit demi menit dalam hidup kita secara sadar.
2. Identifikasi tugas terpenting hari ini dan dahulukan mengerjakannya. Istilah kerennya The Most Important Task (MIT). Kita perlu mengidentifikasi MIT kita setiap pagi sebelum aktivitas apapun. Orang sukses fokus pada prioritas tertinggi mereka.
3. Hindari to do list, gunakan kalender. Riset menemukan 41% to do list tidak pernah tercapai. Ini dikarenakan kita tdk mengetahui berapa banyak yg diperlukan utk menuntaskan list tsb. Lebih baik gunakan kalender. Jadwalkan tugas/pekerjaan Anda di kalender. Tetapkan kapan, jam berapa sampai jam berapa Anda akan mengerjakannya.
5. Selalu ada lagi hal yg perlu dilakukan. Terima batasan Anda, tidak semua hal dpt Anda selesaikan hari ini. Sisakan lainnya utk besok. Lupakan urusan pekerjaan saat Anda sampai di rumah.
6. Bawalah buku catatan dimanapun Anda berada. Ide datang tanpa diundang, tulislah. Catat apapun yg terpikir. Ini membantu membersihkan benak Anda sehingga Anda dapat fokus pada apa yg sedang Anda kerjakan saat ini.
7. Kendalikan inbox Anda. Gunakan sistem 321-zero utk mengelola email. Cukup 3x sehari, 21 menit utk meninjau email Anda, proses sampai inbox Anda menjadi zero.
8. Jadwalkan dan hadiri meeting sebagai tempat terakhir. Meeting dpt membuang waktu. Ketika segala cara komunikasi tdk bisa diandalkan, barulah jadwalkan atau hadiri meeting.
9. Katakan tidak pada semua hal yg tidak mendukung pencapaian goal Anda. Warren Buffet mengatakan “orang-orang yg sangat sukses mengatakan tidak hampir pada segala hal. ”
10. Ikuti prinsip Pareto. 80% hasil yg kita ciptakan berasal dari 20% usaha kita. Gunakan prinsip ini utk mengidentifikasi 20% yg memicu 80% hasil.
11. Fokus pada kekuatan unik dan passion Anda. Delegasikan dan outsourcingkan selainnya.
12. Kelompokkan pekerjaan Anda dan buat tema harian. Lakukan pekerjaan yg mirip di satu blok waktu, misal: membayar tagihan ABC di jam 11-12. Buat tema harian pula. Misal Senin fokus utk bisnis A, selasa fokus utk sosmed marketing, sabtu utk family time dsb.
13. Jika Anda dapat menuntaskan sebuah tugas dalam 5 menit, kerjakan saat ini juga.
14. Ciptakan rutinitas pagi untuk menguatkan pikiran, tubuh dan jiwa Anda.
15. Produktivitas adalah tentang energi dan fokus, bukan tentang waktu. Kelola energi dan fokus Anda. Luangkan waktu utk memulihkannya.

 

Sumber : BC Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *