Bungkus Sasak
March 11, 2011
Chauvinisme Sasak
March 14, 2011

Peresmian Bangun Desa IPEBI oleh Bupati Lombok Tengah

 

Program Bangun Desa

Lombok Tengah [Sasak.Org] Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) sebagai salah satu organisasi di lingkup Bank Indonesia menunjukkan kepeduliannya terhadap pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah. Melalui program bina desa, IPEBI menyalurkan dana CSRnya di Desa Sukarara Kec. Jonggat Lombok Tengah melalui penerapan Sistem Pertanian Terpadu yaitu sistem pertanian dan peternakan yang disatukan sehingga tercipta  alur sistem pertanian yang menguntungkan masyarakat melalui pemanfaatan kotoran sapi menjadi sesuatu yang lebih berdaya guna, seperti biogas, pupuk organik, bio urine.  Dan lain sebagainya. dimana yang pada akhirnya adalah untuk mendukung pertanian organik.

Pada Kamis, 10 Maret 2011 kemarin bertempat di desa sukarara  Programm Bina desa tersebut diresmikan secara langsung oleh Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT dan H. Muhammad Junaifin Kepala Bank Indonesia Mataram yang juga selaku pembina IPEBI Mataram. Dalam sambutannya, Kepala BI Mataram menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dijalankan dengan jujur sehingga dapat berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya dapat dijadikan contoh bagi masyarakat petani yang lain,beliau juga menekannya bahwa dana yang digunakan bukanlah dana Bank Indonesia tetapi dana IPEBI yang merupakan iuran setiap pegawai BI se Indonesia. Dalam kesempatan yang. Sammma Bupati Lombok Tengah menyampaikan terima kasihnya  atas kepedulian IPEBI sehingga program bina desa tersebut bisa diadakan di Lombok Tengah.

Program bina desa ini dilaksanakan oleh Komunitas Sasak, sebuah organisasi nirlaba yang merupakan perkumpulan masyarakat Lombok yang tinggal di berbagai negara daan  kota di Indonesia. Sementara itu Zulkifli,  Koordinator Komunitas Sasak Regional Lombok mengatakan komitmennya untuk membuktik program ini dapat tepat sasaran dan berhasil sehingga dapat direplikasi di desa-desa lainnya di NTB (WKS)

6 Comments

  1. HRJ says:

    Sekarang kalau ada yang masih menuduh ks dan s.o cucuk cuccuk doang akan menyadari bahwa kita yang tidak mencari upah atau gaji dari usaha memajukan bangse Sasak ini bisa berbuat sesuatu di gumi paer. Itu harus dicamkan!

    • Yusuf M-GBD (Gerakan Bagun Desa ) says:

      Selamat dan Semoga berjalan terus di desa-desa lain di daerah lombok tegah, agar bisa dijadikan suatu contoh pemberdayaan masyaraka dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat desa. Keberhasilan pemerintah daerah (BUPATI) bisa kita lihat dari seberapa banyak masyrakat yang diberdayakan dalam rangka peningkatan pendapatan petani di perdesaaan…. BAGUN DAERAH BAGUN DESA………!!!

  2. lmjaelani says:

    InsyaAllah, Semoga kawan kawan kita di lombok diberikan kekuatan untuk terus mengabdikan diri. Miq LWR, Miq Novian, Miq Basri, Miq Zul, dll, terimakasih semua

  3. ajenk says:

    Alhamdulillah, semoga komitmen dipegang teguh, dan amanah tertunaikan, Kita akan buktikan bahwa KS bisa berbuat dan membumi. Setelah ini tunggu program KS selanjutnya, kita akan coba program pemberdayaan masyarakat melalui Zakat dan infak.

  4. Mudah2an dengan adanya program2 dari ks ini,dapat memajukan atau meningkat kan pendapatan maupun penghasilan baik dari pertanian,peternakan maupun perdagangan,,¤¤¤¤¤Tapi di lombok sekarang banyak petani yang gagal panen kenapa?dan penyebbnya apa?apa krna faktor cuaca yg nggk menentu ata mungkin karena pupuk yg di jual ke petani tidak bagus/palsu seperti yg di beritakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *