Jama'ah Para Pecundang
May 19, 2011
Jalan adalah wakaf!
June 17, 2011

Kontrak Program Bangun Desa KS Ditandatangi Di Gedung BI Mataram

Mataram [Sasak.Org] Kontrak kerjasama Program Bangun Desa antara Komunitas Sasak, Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) dan Pemkab Loteng akhirnya ditandatangani pada hari senin tanggal 6 Juni 2011, bertempat di Aula Bank Indonesia Mataram.

Dalam sambutan singkatnya, Kepala Cabang BI Mataram H. Muhammad Junaifin menyampaikan permintaan maafnya yang tiada terhingga atas molornya pelaksanaan kegiatan desa binaan tersebut. Junaifin berulang ulang menyampaikan bahwa dana tersebut merupakan dana pegawai BI se Indonesia, bukan dana APBN, APBD atau dana BI sendiri. Oleh karena itu, beliau mengharapkan agar program ini berjalan dengan baik, amanah, agar ekonomi ummat dapat lebih maju lagi.

Acara penandatanganan kontrak ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Peternakan Unram, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Lombok Tengah, Camat Jonggat, Kepala Desa Sukarara dan para petinggi BI Mataram, serta Komunitas Sasak Regional Lombok.

Kadis Pertanian Peternakan Lombok Tengah menyampaikan terima kasihnya kepada IPEBI dan Komunitas Sasak atas inisiasi program desa binaan tersebut. “Di tengah APBD Lombok Tengah yang defisit, alhamdulillah ada kucuran bantuan dari IPEBI sehingga pemberdayaan masyarakat Lombok Tengah khususnya di Desa Sukarara dapat berjalan dengan baik” tambahnya.

Dalam keterangan Persnya kepada beberapa wartawan radio dan cetak yang hadir, Zulkipli, SE, MM, ketua Komunitas Sasak Regional Lombok yang bertindak sebagai penanggung jawab program Bangun Desa ini mengajak semua pihak termasuk para wartawan agar sama-sama mengontrol kegiatan ini.  Zulkipli menambahkan “Bila ada pihak-pihak yang ingin meminta segala macam laporan pelaksanaantermasuk laporan keuangan, akan kami berikan “

“Nantinya kami siap di audit oleh siapa saja, kami ingin menunjukkan bahwa dalam pengolaan program ini, prinsip transparansi dan akuntabilitas akan ditunjukkan Komunitas Sasak kepada publik ” ujar Zulkipli menutup wawancaranya dengan para wartawan.

 

Peresmian Program Bangun Desa

Program Bangun Desa ini telah diresmikan secara langsung oleh Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT dan H. Muhammad Junaifin Kepala Bank Indonesia Mataram yang juga selaku pembina IPEBI Mataram, pada hari Kamis, 10 Maret 2011 di Desa Sukarara Kec. Jonggat Lombok Tengah.

Dana yang diperoleh dari IPEBI selanjutnya akan dipergunakan dalam penerapan Sistem Pertanian Terpadu. Sistem ini memadukan sistem pertanian dan peternakan sehingga tercipta  alur sistem pertanian yang menguntungkan masyarakat melalui pemanfaatan kotoran sapi menjadi sesuatu yang lebih berdaya guna, seperti biogas, pupuk organik, dan biourine.  [WKS/zll]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *