Cerite Sasak: Amaq Bahar Nyampah Ambon
January 11, 2012
Program Desa Mandiri Ekonomi; Masyarakat Bun Mudrak Menanti Deputi BI
January 12, 2012

Program Bangun Desa KS IPEBI Tahap II dimulai

Lombok Tengah [sasak.org] Setelah 3 (tiga) instalasi biodigester yang dibuat oleh Tim Pelaksana Kegiatan Bangun Desa KS-IPEBI di Bun Mudrak Desa Sukarara telah dipastikan menyala, mulai senin (9/1), kegiatan Bangun Desa KS-IPEBI Tahap II di mulai dengan di buatnya 3 (tiga) biodigester dan pembuatan Pabrik POG (Pupuk Organik Granular). Salah satu instalasi biodigester di bangun di dekat jalan by pass BIL. Sedangkan untuk Pabrik POG akan didirikan untuk mensuport kebutuhan pupuk bagi masyarakat, apalagi saat ini harga pupuk urea mencapai Rp. 160.000/kwintal yang setahun sebelumnya harga per kwintalnya Rp. 25.000.

Program Bangun Desa

“Yang paling banyak memberi manfaat dan feed back adalah Pabrik POG ini, karena pupuk merupakan kebutuhan pokok petani untuk menyuburkan tanamannya sehingga mereka nantinya tidak perlu lagi membeli ke luar, cukup di buat sendiri bersama kelompok dan harapannya semoga produksinya bisa banyak sehingga bisa di jual ke luar agar hasilnya bisa menjadi modal pemberdayaan masyarakat “ ujar Makbul Hidayat, ST Tenaga ahli untuk Pabrik POG ini saat menjelaskan manfaat dari kegiatan pembangunan Pabrik POG tersebut dihadapan ketua IPEBI Mataram Bapak Nizar Ali.

Kegiatan Bangun Desa KS IPEBI ini akan didukung sepenuhnya oleh masyarakat Bun Mudrak dan berjanji untuk mensukseskan kegiatan tersebut dengan mendukung agar apa yang sudah direncanakan dan dibuat berfungsi dengan baik. “kami berterima kasih kepada semua pihak yang tulus membantu kami dan kami akan menjaga serta memanfaatkan apa yang sudah dibuat ini” kata H. Merta, ketua kelompok ternak di Bun Mudrak. Semoga apa yang sudah dijalankan bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan bisa meningkatkan pendapatan mereka. [WKS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *