Tenaga Ahli KS Raih Sertifikat Teknisi Biogas
February 3, 2012
Hobby dan Rezeki
February 4, 2012

Kunjungan Pemkab Sumbawa ke Lokasi Bangun Desa KS-IPEBI

Lombok Tengah [Sasak.Org] Sebanyak 3 (tiga) utusan dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengunjungi lokasi Bangun Desa. Mereka ingin melihat sendiri proses biogas (3/2). Mereka berharap dapat mereplikasi instalasi biogas yang ada di Bun Mudrak. “Kami ada lahan ternak seluas 40 hektar di Sumbawa Besar, kami mau menjadikan itu sebagai tempat budi daya ternak sapi sekaligus pemanfataan limbah seperti biogas dan biourine di lahan tersebut, dan tentunya peternakan itu nanti harus tetap ada ciri khas sumbawanya” kata Pak Mujib sebagai Kepala UPT Peternakan Sumbawa Besar.

Sebelumnya, beberapa peternak dari Sumbawa Barat juga berencana belajar mengenai pengelolaan ternak ke KS. Bapak Abdullah yang merupakan peternak dari Sumbawa Barat ini ingin menerapkan beberapa teknologi yang bisa mendukung atau memberikan nilai tambah dari peternakan yang saat ini dikelolanya.
Instalasi biogas yang dibangun oleh KS memang telah menjadi contoh bagi beberapa kelompok ternak yang ingin menerapkan teknologi biogas. Bapak Abdullah dari PSP mengatakan “Kami akan menjadikan lokasi bun mudrak ini sebagai contoh penerapan biogas yang benar, dan kalau ingin memanfaatkan limbah ternak, maka disinilah contohnya. Untuk sampai pada tenaga untuk listrik, sebetulnya bisa tetapi kita fokus intuk biogas rumah dulu”. [WKS/Zkp]

1 Comment

  1. Le Muji says:

    Salaam,
    Ini membuktikan bahwa ” KS ” tidak sekedar untuk bernostalgia n ngerumbi..maju terus komunitas sasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *