Sastra Kanak Sasak: Cinta Lombok Kualalumpur – 3
January 25, 2012
Tenaga Ahli KS Raih Sertifikat Teknisi Biogas
February 3, 2012

Pembangunan Biodigester Terkendala Hujan

Lombok Tengah [Sasak.Org] Program Bangun Desa Tahap II yang dilaksanakan oleh Komunitas Sasak Lombok terkendala dengan sering turunnya hujan. Tanah galian yang akan digunakan sebagai penampung kotoran  sering longsor. “Kami belum bisa maksimal melanjutkan pembangunan biodigester karena kondisi tanah yang labil, bahkan sempat lubang yang telah digali masyarakat tertimbun total, alhamdulillah, sekarang perlahan sudah bisa dilanjutkan” ujar Musleh, (3/2) tukang biogas yang direkomendasikan oleh PSP (Pusat Studi Pembangunan) sebagai Mitra Biru (Biogas Rumah).

Pembangunan biodigester yang rencananya akan dibangun di 3 (tiga) lokasi menjadi terlambat dari waktu yang direncanakan yaitu pertengahan Februari 2012. “Mudahan pembangunannya bisa cepat selesai” harap Bapak Isnan, tenaga ahli Biogas.

Pembangunan Pabrik Pupuk Organik Granul (POG) yang pelaksanaanya di tahap II ini juga sudah mulai dibangun. “Mesin-mesinnya sudah datang, tinggal diajarkan cara pemakaian mesinnya” kata Bapak Makbul Hidayat, ST memberikan keterangan. Alumni FT Universitas Mataram ini juga sudah menyiapkan tim pelatih untuk mengajarkan kepada masyarakat cara memproduksi pupuk organik. Apalagi saat ini harga pupuk kimia mendekati 200 ribu per kwintalnya.[WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *