Sekjen IPEBI Kunjungi Desa Binaan KS-IPEBI
February 17, 2012
Perayaan Maulid di Bun Mudrak
February 19, 2012

Rapat Evaluasi KS-IPEBI dan BI Mataram

Mataram [Sasak.Org] Bertempat di ruang rapat utama (Rupatama)  Bank Indonesia Mataram (17/2) diadakan rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan Bangun Desa KS IPEBI dan Desa Mandiri BI. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BI Mataram Bpk H.M.Junaifin, Ketua IPEBI Mataram Bpk Nizar Ali dan Beberapa pejabat BI Mataram. Dari Komunitas Sasak di wakili oleh Zulkipli dan Isnan Abdillah sedangkan dari masyarakat hadir Kepala Kadus Dasan Baru Desa Sukarara Bpk M.Yusuf.

Kadus Dasan Baru menyampaikan ‘protes’ terkait lokasi kegiatan yang terfokus hanya di Bun Mudrak, padahal Bun Mudrak hanya bagian dari Kedusunan Dasan Baru dan bagian dari Desa Sukarara “ada warga kami yang menanyakan hal tersebut” tambah mahasiswa STAI Nurul Hakim ini.

Kepala BI Mataram memberikan penjelasan kepada peserta rapat

Pada kesempatan tersebut, Kepala BI Mataram menyampaikan bahwa semua kegiatan tersebut diharapkan menunjukkan hasil yang positif bagi masyarakat dan dipilihnya Bun Mudrak sebagai pilot project yang diharapkan Pemda atau lembaga lainnya dapat melakukan hal yang sama “bertahaplah, insyaAllah akan dapat giliran. Mudahan pemerintah mau peduli, dan jangan iri. Fokus di Bun Mudrak agar kelihatan dampaknya karena dananya tidak besar” ujar Ketua MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) NTB ini.

Zulkipli dari KS menambahkan penjelasan dari Kepala BI Mataram dengan mengatakan bahwa “awalnya kegiatannya diniatkan satu desa, terutama untuk pembuatan instalasi biodigester, tetapi hasil konsultasi dengan BI bahwa perlu fokus agar terasa dampaknya. Dari berbagai kegiatan setelah selesai dibangun diharapkan akan ada pendapatan dari “post program”nya sehingga bisa dipakai untuk membuat instalasi biodigester di tempat lain”.

Beberapa kesimpulan dari pertemuan tersebut diantaranya adalah Proses pembangunannya diharapkan sudah selesai per tanggal 10 bulan maret yaitu pembangunan 6 Biodigester, Pabrik POG, MCK, rehab kandang, pusat tenun,sumur bor dan rehab mushalla karena tanggal 19 Maret 2012 kegiatan IPEBI tersebut rencananya akan diresmikan oleh Bapak Darmin Nasution. Kemudian IPEBI Mataram harus sering mengontrol kegiatan, pelaksana kegiatan (KS) mempercepat pengajuan dana kekurangan biaya pembangunan Pabrik POG, membuat gapuran di jalan masuk ke bun mudrak dengan memberi ‘branding’ BI seperti pada tulisan maupun warna cat,  dan Kadus Dasan Baru harus bisa menjelaskan kepada masyarakat bahwa kegiatan IPEBI dan BI ini fokus dulu ke Bun Mudrak baru akan diupayakan pindah ke yang lain. [WKS/Zkp]

6 Comments

  1. ajenk says:

    Ternyata yang akan meresmikan Pak Darmin ya??
    Ini tantangan kedepan bagaimana program ini bisa sustainable..tantangan bagi KS,
    Ayo buktikan ini bukan program one spot saja..

  2. Le Muji says:

    Asiiiik n mantap,maju terus KS .

  3. MRB says:

    Ayo Nazar jadi escortnya gubernur BI 🙂
    Mudah-mudahan teman-teman KS Regional bisa menjamu dengan baik, jujur dan tidak berlebihan.
    Sustainable itu yang berat, tapi kalau semuanya sesuai rencana, memang desainnya untuk berkelanjutan.
    Semoga implementasinya bisa sejalan dengan rencana.

  4. Toel says:

    Tolong rekan -rekan KS yang setia dengan teman-temannya !
    Mari kita rancang agar pantun – pantun sasak yang tertulis di WEB KS terhapus dan tidak akan muncul lagi !
    Gimana caranya ya………..?
    Mari kita sama-sama carikan jodoh buat yang nulissssssss…….!
    Thanks.

  5. Toel says:

    Merarikkkkkkkkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *