Para Penyembah Diri
March 13, 2012
Angke 1
March 20, 2012

Evaluasi Bangun Desa, Instalasi Terhambat Alam

Lombok Tengah [Sasak.Org] Rapat evaluasi kegiatan Bangun Desa KS-IPEBI kembali diadakan, biasanya diadakan di Kantor BI Mataram, kali ini diadakan di lokasi kegiatan yaitu Kampung Bun Mudrak Desa Sukarara Lombok Tengah, Rabo (14/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Ibu Nyoman, Ibu Eva, dan Bapak Hendik dari KBI Mataram. Dari KS hadir Zulkipli, kemudian Tenaga Ahli POG Bapak Makbul Hidayat, ST. Tenaga Ahli Biogas Bapak Isnan Abdillah dan Kadus, maupun RT setempat.

Dalam kesempatan tersebut, pihak KBI Mataram menagih janji pihak pelaksana kegiatan Bangun Desa KS-IPEBI maupun kegiatan Desa Mandiri KS-BI. “kita ingin melakukan evaluasi, apa saja kendala yang dihadapi di lapangan.  Kalau ada hal yang menghambat kegiatan disampaikan saja, insyaAllah pasti ada solusinya” ujar Bapak hendik menjelaskan.

Bapak Isnan Abdillah selaku tenaga ahli Biogas mengatakan kalau keterlambatan dari proses pembangunan Biogas itu adalah karena kondisi alam yang tidak memungkinkan. “beberapa kali kami melakukan penggalian untuk lubang biogasnya, selalu runtuh sehingga kami berpikir ini akan menghabiskan biaya” tambah lajang yang  akrab dipanggil Senan ini.

Untuk kegiatan pembangunan Pabrik POG (Pupuk Organik Granul), Bapak Makbul Hidayat, ST menjelaskan “mesin sudah dipasang semua, tetapi kemarin dana pembangunannya saya kira hanya 20 juta, tetapi ternyata bisa lebih karena diambilkan dari kegiatan yang tidak dilaksanakan seperti survey lokasi, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang bisa tidak dilaksanakan” terangnya kepada pihak KBI Mataram.

Untuk diketahui, target yang ingin dicapai dari kegiatan tahap II untuk Bangun Desa KS-IPEBI adalah akhir Februari 2012 kegiatan tahap II berupa pembangunan pabrik POG dan 3 instalasi biogas selesai. Tetapi karena adanya kendala menjadi molor sehingga dievaluasi targetnya menjadi akhir Maret 2012.

Untuk kegiatan Desa Mandiri, pihak KBI mendesak agar secepatnya menyelesaikan kegiatan tahap I yaitu pembangunan Fasum, sentra tenun, mushalla, ternak kambing PE, dan rabat jalan dapat segera diselesaikan. “ kami tidak mungkin mencairkan dana tahap II kalau pembangunannya belum selesai” kata Bapak Hendik menjelaskan. [WKS/Zkp]

2 Comments

  1. [KS] Evaluasi Bangun Desa, Instalasi Terhambat Alam http://t.co/hNKgSxJK

  2. [KS] Evaluasi Bangun Desa, Instalasi Terhambat Alam http://t.co/s4vWx5Dc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *