Hizib NW Digital versi Android resmi Diluncurkan
June 10, 2013
Dewi Anjani Muni
June 23, 2013

Pelatihan Pewarnaan dan Motif di Kelompok Tenun Bun Mudrak

Lombok Tengah [Sasak.Org] Sebagai bentuk komitmen Bank Indonesia untuk menjalankan program desa mandiri di Bun Mudrak Desa Sukarara Lombok Tengah. Kembali diadakan Pelatihan Pewarnaan dan pembuatan motif untuk salah satu kelompok usaha bersama yaitu kelompok tenun.

tenunKegiatan yang diadakan selama dua hari ini mulai tanggal 11-12 Juni 2013 di sekretariat Kelompok Usaha Bun Mudrak diampu oleh Bapak Maliki. Salah seorang penggiat tenun khas sasak dari Pringgasela Lombok Timur. Untuk diketahui bahwa Kelompok Tenun Pringgasela yang dipimpin oleh Bapak Maliki telah di ekspor sampai ke Jepang. Keberhasilannya tersebut diharapkan mampu ditiru oleh Kelompok Tenun Bun Mudrak.

Selama dua hari, para peserta pelatihan akan memantapkan kemampuan mewarnai dengan pewarna alami dan pembuatan motif yang bertujuan untuk menurunkan ongkos produksi tetapi dengan kualitas yang tetap terjamin.

Bun Mudrak adalah adalah lokasi binaan Bank Indonesia dan Komunitas Sasak yang telah dibina sejak tahun 2009 diawali dengan penerapan program sistem pertanian terpadu yang digagas oleh DR. M. Roil Bilad, salah seorang Pemban KS yang kini bermukim di Eropa Timur. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *