Sandi Amaq Rinjani: the future Steven Spielberg from chili island
March 7, 2014
Anekdot Seputar TKI: Cek, Cok dan Cek-Cok
March 28, 2014

Kunjungan Kelompok Ternak binaan BI NTT ke Bun Mudrak

Lombok Tengah [Sasak.Org] Belasan orang terlihat antusias bertanya kepada para warga Bun Mudrak, mereka adalah para anggota kelompok ternak dari Nusa Tenggara Timur yang merupakan binaan Bank Indonesia. Bapak Hendik Sudaryanto dari BI NTT menjelaskan bahwa pilihan Bun Mudrak karena kemiripan geografisnya dengan lokasi mereka di NTT. “tempat mereka di NTT juga panas seperti di sini, tanahnya juga mirip sehingga kita bawa mereka kesini agar mereka mau merubah pola beternak mereka sehingga mereka lebih untung” ujar pria asli Surabaya ini.

Menurut tim pendamping dari NTT, pola beternak mereka masih bergerombol padahal mereka mempunya sapi sampai 30 ekor per orang. “andaikan mereka memakai pola dikandangkan seperti di Bun Mudrak, mereka bisa membuat biogas untuk keperluan keluarga, kompos untuk pupuk tentu mereka akan lebih untung lagi” tambahnya.

Diharapkan nanti sepulang studi banding ke Bun Mudrak, para peternak dari NTT tersebut diharapkan bisa mereplikasi pola-pola yang sudah mereka lihat dan pelajari. Termasuk biogas, kompos, system berkelompok, dan lainnya. Masyarakat Bun Mudrak bahkan bersedia untuk mengajarkan mereka cara membuat instalasi biogas jika mereka membutuhkan. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *