Aksi TKI Lombok Kenalkan Tari Gendang Beleq

Desa Kopang Rembiga, Punya Pusat Pendidikan Al-Qur’an
October 27, 2014
Kelompok Tenun Sumber Rejeki
December 29, 2014

Aksi TKI Lombok Kenalkan Tari Gendang Beleq

Berawal dari keinginan untuk memperkenalkan budaya lombok pada warga  negara Indonesia di Malaysia, tigaTKI asal Lombok yang bekerja di ladang perkebunan sawit SINDORA Kluang, Johor yaitu Rahman, Nuriah dan  Zaenudin memberanikan diri tampil di acara AKSI TKI yang dilaksanakan di aula serba guna KJRI JOHOR BAHRU oleh panitia pelaksana teman  teman tki yang tergabung dalam kelompok belajar Universitas Terbuka BATAM .

TKI Lombok

TKI Lombok

Ketiga TKI asal lombok ini begitu antusias dalam mengikuti acara AKSI TKI ini walaupun di tengah tengah kesibukan bekerja. Tidak ada lain tujuan dari ketiga TKI ini adalah untuk tampil memperkenalkan salah satu Tari Budaya Lombok Gendang Beleq. Persiapan mengikuti acara AKSI TKI ini juga telah memberikan sebuahmotivasi pada ketiga tki lombok ini. Bagaimana mereka bergandeng bahu sesama tki lombok untuk mempersiapkan penampilan mereka dengan segala  keterbatasan gerak dan kesulitan dalam mencari pakaian untuk tampil tidak membuat mereka patah semangat dan salah satu pepatah yang mereka pakai saat itu adalah “TAK ADA ROTAN AKAR PUN JADI” maka dari usaha mereka akhirnya bisa juga tampil di acara AKSI TKI tersebut.

Berbekalkan latihan yang minim ketiga tki asal lombok ini tidak kalah semangat dengan peserta peserta tari dari daerah lain yang juga ingin mempersembahkan tari daerah mereka. Tidak ketinggalan juga para mahasiswa yang tergabung dalam PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) juga ikut memeriahkan AKSI TKI 2014 ini.

Sketiga tki lombok berharap semoga penampilan pertama mereka di acara yang di pasilitasi oleh KJRI JOHOR BAHRU dan UNIVERSITAS TERBUKA serta di dukung oleh sponsor seperti MS CARGO,.HOTLINK,Expressair dan WESTERNUNION ini bisa di lanjutkan lagi untuk meningkatkan kreatifitas para tki khususnya dalam memperkenalkan budaya daerah dan juga krearifitas tki yang lain seperti musik dan seni lainnya.

Karena tidak dipungkiri masih banyak tki yang memiliki kreatifitas untuk bisa dikembangkan. harapan penulis harapan penulis semoga akan ada lagi event event yang bersifat membangun yang dilaksanakan bukan saja oleh KJRI JOHOR BAHRU DAN UNIVERSITAS TERBUKA tapi juga oleh dinas kebudayaan dan pariwisata dari daerah kita lombok karena disamping bisa jadi hiburan buat TKI kita juga bisa memperkenalkan budaya daerah di Malaysia.

semoga semangat ketiga tki lombok ini bisa terus dikembangkan untuk tki tki yang lainnya dalam memperkenalkan budaya Indonesia khususnya lombok. (Gupran Muhsan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *