Kelompok Tenun Sumber Rejeki
December 29, 2014
Bau Nyale, Libur 2 hari
February 9, 2015

Menengok Makam Wali Nyato

Makam Wali Nyato

Makam Wali Nyato

Lombok [Sasak.Org] Pada setiap hari Rabo, jalan Rambitan Pujut Lombok Tengah terlihat ramai dengan pengunjung yang lalu lalang. Tampak mobil pick up, motor, dan kendaraan lainnya terparkir rapai di sebuah perbukitan di Rembitan. Disanalah ┬álokasi yang oleh warga di yakini sebagai Makam Wali Nyato’. Menurut kepercayaan warga, ziarah ke makam ini tidak boleh dilakukan selain hari rabo. “banyak kejadian aneh terjadi bila diziarahi di luar hari rabo’ ujar salah seorang pengunjung. Keanehan seperti apa?, wallahu a’lam.

Mengunjungi makam ini, rutenya adalah dari sengkol pujut, terus menyusuri jalan ke arah pantai Kute, setelah masuk Desa Rembitan akan tampak plang bertuliskan penunjuk arah ke makam wali nyato’ di pertigaan pertama memasuki Desa Rembitan. Jarak dari jalan raya ke lokasi makam kurang lebih 4 km. Memasuki lokasi makam, kendaraan akan diparkir ┬ádi kaki bukit kemudian peziarah akan mendaki bukit menuju makam tersebut.
Tampak para pengunjung ramai berziarah, setelah mereka berziarah, mereka roah (tahlilan) di berbagai sudut halaman makam yang memang luas. Makam di buat batas (pagar) dari kayu. menurut warga sekitar, pagar tersebut tidak boleh di ganti tembok. para penziarah masuk ke lokasi makam, tampak mereka menyiram kuburan tersebut kemudian mencuci muka sanak keluarga mereka yang ikut.
Parkiran Makam Wali Nyato

Parkiran Makam Wali Nyato

Kondisi wilayah Lombok Selatan yang kering tidak mempengaruhi pasokan air bersih di lokasi makam. “tadi saya khawatir tidak ada tempat untuk buang air, ternyata airnya banyak, kata penunggunya air PAM kemudian di tampung” jelas salah seorang pengunjung dari Jonggat Lombok Tengah. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *