SOS – Selamatkan Orang Sasak
October 4, 2008
Kosong
October 7, 2008

Anak Montor

Ungkapan sehari hari dalam bahasa Sasak dapat berupa kata sifat atau kata keterangan. Pembentukannya adalah menggambungkan dua kata yang sebenarnya bermakna saling berlawanan atau sebab akibat. Berari rebax adalah sebuah ungkapan yang berarti terburu atau tergesa gesa. Terdiri dari dua kata yaitu berari dan rebax. Berari atau plai, lari dan rebax, jatuh. Berlari dan jatuh yang disatukan menimbulkan arti baru sama sekali.

Cemoh leger adalah kata gabungan lain yang juga mengandung makna yang berlawanan. Cemoh adalah gembira dan leger adalah gemetar. Saking gembiranya sampai gemetar. Ungkapan itu tak ada dalam bahasa Indonesia yang persis tetapi disebut bergairah. Dalam bahasa Inggris disebut excited.

Keto kete dibentuk dengan cara sama seperti sugul tama tetapi makna  kedua ungkapan itu pesis sama dengan arti dari perbuatan masing masing kata. Keto, kesana dan kete, kemari. Sugul, keluar serta tama, masuk.

Taget kembelas adalah idiom yang menyangatkan, dengan mengimbuhkan kata yang lebih kuat maknanya pada kata pertama. Taget adalah terkejut, kembelas adalah reaksi dari terkjut yang digambarkan sampai tehempas atau wajahnya awut awutan dengan rambut berdiri,

Ungkapan Sasak itu sering hanya orang sasak saja yang faham, sutau hari seorang tetangga minta diantarkan ayam oleh tetangganya orang jawa yang tinggal di desa lain. Dia berpesan, kalau datang ke tempatnya supaya dibawakan oleh oleh, katanya :’ Jauxang ite, mana mana anak manux so”. Artinya: “Bawkan kita sekedar anak ayam” Maka tetangganya itu membawakannya benar benar seekor DOC kampung yang masih lemah. Tetangga saya ngomel, menerima ayam umur sehari itu. Orang Jawa itu bingung waktu disuruh membawa anak ayam, dia pikir unutk melakukan sesajen dikubur.

Orang Sasak menggunakan anak + sesuatu untuk menghaluskan atau meremehkan benda yang disebut. Misalnya, Wah sepulu taon ne begawean, lagux mana mana anax montor ndexne beduwe. Sudah supuluh tahun bekerja bahkan anak motor saja dia tak punya. Tentu saja motor tak punya anak, tetapi maksudnya adalah meremehkan motor. Bahwa barang sekecil motor saja tidak ada.

Pada kasus minta anak ayam itu, si tetangga ingin menunjukkan bahwa ia minta ayam yang paling kurang berharganya diantara ayam yang ada, agar si pemberi tidak merasa berat.

Wallahualam bissawab
Demikian dan maaf
Yang ikhlas

Hazairin R. JUNEP

Glossarium
DOC = day old chicken, anak ayam umur sehari
So = lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *