Pahlawan Anggun di Negriku
April 21, 2013
Produk Bun Mudrak masuk Mall
May 1, 2013

Biogas Bunmundrak Ikut The 5th Annual Global CSR Summit 2013 di Filipina

Program Corporate Social Responsibility (CSR) di Bank Indonesia, dikenal Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), mencoba menjejakkan langkahnya di pentas Asia. Melalui kompetisi The 5th Annual Global CSR Summit 2013 selama dua hari mulai 19 April 2013 di Filipina, Bank Indonesia berhasil masuk sebagai finalis.

Meskipun belum masuk dalam tiga besar namun langkah awal BI turut dalam lomba di tingkat Asia telah menorehkan kebanggaan tersendiri. Terlebih dengan diperolehnya Certificate of Merit Global CSR Award 2013. “Ini merupakan pencapaian yang positif, suatu pengakuan masyarakat CSR di Asia bahwa program sosial BI merupakan program berkualitas dan dapat menjadi contoh bagi program sejenis”, Difi A. Johansyah, Kepala Grup Humas setelah menerima penghargaan tersebut dari Roberto P. Alabado III, Urban and Regional Planner Davao City. Difi juga menyampaikan apresiasinya seluruh pelaksana PSBI. “Ini merupakan kontribusi aktif dari seluruh pihak, terutama rekan-rekan KPw DN yang terjun langsung dalam implementasi PSBI”.

BI mengikuti dua kategori kompetisi, yaitu Environmental Excellence dan Community Programme. Untuk kategori  Environmental Excellence, BI mengirimkan dua program yaitu program Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Danau Rano, Sulawesi Tengah dan Pemanfaatan energi biogas dari kotoran sapi di Kampung Bun Mudrak, Lombok. Sedangkan untuk kategori Community Programme, BI mengikutsertakan program pemberdayaan masyarakat paska konflik di Lembah Seulawah, Banda Aceh dalam bentuk pengembangan klaster jagung pipil, dan pemberdayaan masyarakat di Desa Kinahrejo paska bencana alam Merapi.

Satu kehormatan juga bagi BI, Difi A. Johansyah didaulat menjadi salah satu pembicara. Dalam materi yang berjudul Promoting Sustainable Economic Development, New Role of Public Institutions in CSR : A Bank Indonesia Approach, Difi  menyampaikan kepedulian BI sebagai bank sentral terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat namun tidak seluruhnya dapat dijawab secara serta merta lewat tugas pokok BI.

Kompetisi The 5th Annual Global CSR Summit merupakan ajang kompetisi tahunan bagi program CSR unggulan perusahaan, instansi, lembaga nasional serta internasional multi sektor tingkat Asia. Bukan besar kecilnya nilai program yang menentukan kemenangan kompetisi ini, tetapi kematangan konsep, dampak sosial ekonomi yang dihasilkan serta unsur keberlanjutannya. Jadi selayaknya kita berbangga telah menjadi nominasi finalis, dan selanjutnya tugas kita adalah terus meningkatkan manfaat PSBI bagi masyarakat.

1 Comment

  1. muzaili says:

    assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh,,,, salam kenal dan mohon motivasinya kepada semuanya,,, terutama komunitas sasak dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *