Bunderan Mendagi, Ikon Lombok Barat

Majelis Adat Sasak kembangkan tarian tradisi Lombok
November 6, 2013
Pakan Konsentrat, Solusi Pakan di Lombok
November 8, 2013

Bunderan Mendagi, Ikon Lombok Barat

Lombok Barat [Sasak.Org] Kabupaten Lombok Barat dulunya adalah salah satu kabupaten yang pernah diibaratkan seperti Uni Sovyet. Menjadi pusat perekonomian, pendidikan, pertanian, dan sumber air. Kini, setelah dimekarkan menjadi 3 yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, dan Lombok Barat sendiri. Kini, menjadi satu-satunya Kabupaten di NTB yang masih merintis Kota Kabupatennya menjadi besar seperti lainnya.
Bupati Lombok Barat, H. Zaini Arony melakukan gebrakan dengan membangun beberapa bangunan ” khas” kota seperti adanya Taman Kota di sebelah timur kantor Bupati, taman-taman di Gerung diperindah, dan yang paling menyita perhatian adalah Bunderan Mendagi dimana tengahnya dibangun monumen unik yang kurang jelas menggambarkan apa. Namanyapun masih belum ada, masyarakat seputaran Lombok Barat menyebutnya Bunderan Mendagi.

Tugu Mendagi tampak di malam hari

Tugu Mendagi tampak di malam hari

Letaknya strategis, berada diujung barat jl Bypass BIL dan dibuatkan putaran jalan yang menuju arah BIL, Mataram, Lembar, dan Kantor Bupati Lombok Barat. “Ini telah menjadi ikon Lombok Barat, saat MTQ tingkat propinsi di Praya kemarin, dibuat replika yang mirip dengan tugu tersebut kemudian diarak bersama para utusan MTQ dari Lombok Barat” jelas Amaq Dende, pemerhati budaya Sasak.
“Mungkin Pak Zaini menginginkan tugu tersebut bisa seperti Monasnya Jakarta, Monjalinya Jogja, atau tugu pahlawannya Surabaya. Tinggal bagaimana Pak Zaini memilih nama yang pas dan mewakili Lombok Barat” tambah Ayah 2 anak ini. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *