Cara Memandang Kelebihan dan Kekurangan

Musim Ompol, Semua Menjadi Politisi!
June 21, 2009
Sasak Calon Juara
June 22, 2009

Cara Memandang Kelebihan dan Kekurangan

Manusia sering merasa berkecukupan atau merasa lebih, hal ini cara kita melihat kelemahan pada diri kita.

Mengakui satu kelemahan lebih baik dari pada mengakui banyak hal tentang kelebihan yang kita miliki . . . Satu hal yang kadang sering kita lupa yakni melihat dan menilai orang lain. Satu buku yang sangat inspiratif untuk di baca mana kala kita masuk dalam sebuah kotak masalah yang di bahas dalam buku itu yakni karya Dalle Carngie di katakan:

“ dalam melihat orang lain kita harus mersa merasa lebih baik dari pada orang lain. Tapi dalam hal tertentu”…

 

Ungkapan seperti ini tentu cara kita untuk menimbulkan sikap percaya diri, dan mampu menghargai kelebihan orang lain. Hal seperti ini juga merupakan sikap kesederhanaan dari memandang kelebihan yang kita miliki. Karena,  apapun kelebihan yang kita miliki, tidak cukup dengan cara kita menilai diri kita sendiri melainkan kita membutuhkan orang lain untuk menanggapi tentang diri kita sendiri.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa : “ Kurangi  perasaan akan kelebihan yang kita miliki menurut penilain diri kita sendiri. Namun, dengarlah kawan atau  lawan anda untuk memberikan saran atau kritik dari hal apapun tentang diri kita…

Seseorang yang ingin   mengembangkan jiwa enterpreuner yang pada umumnya mengkaji mengani hubungan cara berinteraksi, mempengaruhi secara positive dengan orang lain. Tidak hanya melalui membaca buku, mecari referensi mengenai hal yang di butuhkan tersebut atau menghasilkan karya tulis atau mengkajinya. Melainkan di butuhkan suatu kondisi dimana seseorang benar-benar mengalami suatu permasalahan baik di lingkungan keluarga, kantor dan masyarakat.

Dari buku kita hanya mampu memperlajari teorinya, dan dari kondisi (masalah) kita paparkan isi dari teori tersebut. Dan dari pengalaman baru kita akan membuat teori. Intinya dari keseluruhannya ialah guru berharga untuk diri kita dan orang lain. Tentu kita yang mau belajar sedikit dari kelebihan , kekurangan dan pengalaman pribadi maupun orang lain.

Dan selalu ada kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, dan Allah SWT yang pasti Maha lebih dari segala ciptaanNya.

“ Kelebihan di cari semata untuk menutup kekurangan, namun kekurangan tidak akan pernah bisa menutup kelebihan. Karena manusia tidak akan pernah puas dengan kelebihan . . . .

(Abdullah al Muzammi) sasak diaspora Jokyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *