Mbe taoxkte pade?
August 17, 2008
Sopox lawan siyu
August 21, 2008

Cupak Gerantang

Penguasa itu bernama Cupak. Ia manusia tapi perangainya raksasa, raksasa pemakan tanah. Semula, Cupak hanya rakus maka nasi, tapi sejak berkuasa, ia gemar makan tanah. Mula-mula sepiring, lama-lama menjadi semeter hingga berhektar-hektar. Sementara itu, Cupak berusaha menikahi Galuh, putri raja yang diselematkannya dari raksasa Menaru yang menculiknya. Sebagai hadiah dari keberhasilan CupakĀ  menyelamatkan Galuh serta membunuh raksasa Menaru, maka Cupak diangkat jadi penguasa dan bakal suami Galuh. Tapi Galuh mengulur-ulur waktu.

Alasannya, menunggu Gerantang pulang. Gerantang adalah adiknya Cupak. Dulu mereka berdua, Cupak dan Gerantang berjuang bersama membunuh raksasa Menaru, namun yang kembali hidup membawa Galuh pulang adalah Cupak. Maka Cupaklah yang berhak menjadi penguasa sekaligus memiliki Galuh. Sementara itu, kegemaran Cupak makan tanah membuat rakyat resah dan menggelar protes. Menghadapi itu CupakĀ  memakai kekerasan, menembaknya. Tapi protes tak padam.

Setelah diselidiki pemimpin protes berupa demo itu adalah Gerantang, adik Cupak yang dikira sudah mati. Cupak mengajak adiknya berunding. Karena permintaan Gerantang dirasa berat, mereka pun tarung. Sebagai penguasa Cupak menang. Namun Cupak mengalah, ia serahkan kekuasaan pada Gerantang dengan pesan jangan sampai nikmat kekuasaan mengubah jati dirinya dari membela rakyat menjadi menindas rakyat. Maka Gerantang pun menjadi penguasa menggantikan Cupak. Tapi begitulah, kursi empuk kekuasaan mengubah Gerantang menjadi Cupak.

Ada yang ingat/tahu cerita sebelumnya, ketika perjuangan membunuh Raksasa Menaru? [jojix-dongeng sebelum tidur saat aku kecil]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *