Tradisi Berangkat Haji di Lombok
October 14, 2011
Bedah Buku : Lombok Mirah Sasak Adi
October 15, 2011

Dahulukan Biodigester, Pembangunan POG KS-IPEBI ditunda

Peresmian Program Bangun Desa

Lombok Tengah [Sasak.Org] Kegiatan Bangun Desa oleh KS dan IPEBI selaku penyandang dana menunda pembangunan POG (Pabrik Organik Granular) yang direncanakan masuk tahap kedua. Hal ini diputuskan oleh pihak IPEBI setelah secara mendadak memanggil perwakilan warga Desa Sukarara.

Alasan dari penundaan tersebut didasari pada keinginan warga Bun Mudrak Desa Sukarara sebagai lokasi kegiatan agar mendahahulukan pembangunan Biodigester yang baru dibangun 3 (tiga) Biodigester ditahap pertama dari rencana membangun 6 Biodigester.

Bapak Mertah, selaku perwakilan masyarakat mengatakan “untuk saat ini, yang kami butuhkan adalah biogas, karena kalau kompos belum terlalu kami butuhkan karena belum masuk musim bertanam”. Lewat diskusi yang panjang, akhirnya pihak IPEBI melalui Bapak Hendik meminta agar KS menuntaskan pembangunan Biodigester dulu.

Ditempat terpisah, Bapak Makbul Hidayat,ST selaku tenaga ahli POG berpendapat berbeda “sebetulnya kenapa POG yang kita ajukan pada tahap kedua, agar secepatnya masyarakat melihat feedback dari produksi kompos, bisa dijual sehingga terlihat punya potensi pemberdayaan ekonomi, tetapi yang namanya pelaksana ya kita ikut” ujar pengantin baru ini. Proses pengajuan pembiayaan tahap kedua sebetulnya secara matang sudah disiapkan untuk POG, tetapi tim pelaksana kembali konsetrasi untuk membangun 3 biodigester.

Bapak Junaifin, selaku pembina IPEBI Mataram ketika bertemu tim KS menyatakan kepuasannya atas kerja KS, hal ini cukup beralasan karena beberapa kali tim dari Bank Indonesia melakukan Inspeksi Mendadak. Tanpa mengkonfirmasi ke tim pelaksana. Program  yang sedang KS jalankan nantinya diharapkan bisa direplikasi di KSB, karena BI Mataram bersepakat dengan Pemda KSB untuk melakukan pembinaan peternak. [WKS/Zkp]

2 Comments

  1. HRJ says:

    Bravo Bravo Bravo!

  2. Opik says:

    KS emang keren abis….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *