Hai Para Miskin, Berprestasilah. Mereka akan datang

Dalam sehari, 471 Tilang untuk 3 Pelanggaran Prioritas arahan Kapolda NTB
July 19, 2018
Zohri Muncul Jadi Lakon Wayang Sasak
July 22, 2018

Hai Para Miskin, Berprestasilah. Mereka akan datang

Zulkipli

(Guru Ngaji di Labulia Lombok Tengah)

Ketika belajar di Universitas MH Thamrin, salah seorang dosen saya waktu itu adalah orang Flores. Sejak saya memperkenalkan diri sebagai orang Lombok, kami mulai akrab. Sesama orang Nusa Tenggara, kami sering mengobrol, saya menikmati nasihat-nasihatnya.

Salah satu yang masih saya inget sampai sekarang adalah ketika beliau berkata tentang motivasinya dulu saat belajar. “Kami orang timur (Flores), tak ada yang bisa kami andalkan selain menjadi orang pinter. Kami ini sudah hitam, jelek, tak kan ada orang yang melirik. Kita harus berprestasi, dengan cara itulah orang akan melihat kita” beliau menyampaikan itu dengan nada dan wajah yang serius.

Kami berbeda agama, kami akrab. Sayang, saya hanya di ajar 1 semester. Apa yang terjadi hari ini di dunia per medsos an mengingatkan saya akan nasihat dosen saya tersebut. Ya, Lalu Muhamad Zohri, jika dia tidak berprestasi sampai jauh, tidak akan ada yang akan menengoknya.

Hari ini, mulai dari IG, Twitter, Facebook bahkan media arus utama, mereka memberitakan si anak miskin dan yatim piatu, Lalu Muhamad Zohri. Kenapa mereka membicarakannya, karena si anak miskin dan pernah tidak naik kelas itu berprestasi.

Nasihat untuk saya pribadi, dan siapa saja yang minder akan kemiskinannya. Mari kita berprestasi, pada bidang kita masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *