Hasil Musyawarah-Mufakat Restrukturisasi KS

Meninjau Kembali Pendekatan Penyuluhan Pertanian Kita
March 25, 2009
Mencari Pahlawan Sasak
March 30, 2009

Hasil Musyawarah-Mufakat Restrukturisasi KS

Hasil Musyawarah-Mufakat Restrukturisasi Komunitas Sasak

Oleh: Tim Formatur 

Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatuh.

Logo Komunitas SasakSeperti yang kita cita-citakan bersama, bahwa komunitas sasak (KS) dapat menjadi wadah bagi kita orang sasak terutama sasak diaspora untuk memberikan sumbangsih atas dasar cinta dan persamaan cita-cita agar bangse sasak dan NTB pada umumnya menjadi lebih baik, sejahtera, terdidik, dan bermartabat. Setelah melaui proses musyawarah dan mufakat KS sudah melangkah lebih jauh melakukan restrukturisasi sebagai benduk dinamika dari suatu komunitas atau organisasi agar bisa hidup terus-menerus untuk mencapai visi dan misinya. Mempertimbangkan pentingnya sebuah gerakan agar memiliki wadah yang jelas, setelah berjalan selama 2,5 tahun.

Penggagas, perintis, pendiri dan motor penggerak komunitas sasak, Lalu Muhamad Jaelani membangun wacana restrukturisasi sehingga komunitas sasak bisa lebih siap menghadapi tantangan zaman di masa depan. Setelah 2,5 tahun LMJ dengan ikhlas mengabdikan diri merintis dan membangun KS sebagai palang pintu dan garda terakhir yang paling ulet dan gigih merintis dan membangun KS sehingga sampai pada apa yang kita jumpai saat ini. Komunitas sasak harus terus maju, menggapai lebih banyak dalam tatanan organisasi yang lebih mapan. Jangan sampai kisah tragis yang menjadi kelemahan fundamental nenek moyang kita zaman dahulu di masa penjajahan masih terulang kembali. Jangan sampai kita hanya bergantung pada seseorang, dan ketika pemimpinnya pergi lalu perjuangannya patah di tengah jalan. KS harus terus maju, tidak hanya sekarang tapi lintas generasi, sambung menyambung sampai perjalanan waktu berakhir. Restrukturisasi ini merupakan  momen yang tepat untuk berbenah kembali, sehingga KS lebih siap dan lebih tangguh menghadapi tantangan di masa mendatang.


Berdasarkan musyawarah yang dilakukan dari tanggal 21-28 Maret 2009, disepakati kesimpulan sebagai berikut. Komunitas sasak akan dipimpin oleh tim yang selanjutnya disebut sebagai PEMBAN KS. Secara harfiah Pemban KS berati orang yang dipilih untuk menuntun dan mengusahakan kesejahteraan bersama melalui wadah komunitas sasak. Anggota dari pemban KS dan tugas yang diamanahkan kepada mereka sebagai berikut:

Pemban KS 1 –   Wiendetry, alias WN, domisili Bandung

Bertanggung jawab terhadap hosting dan maintenance website KS (sasak.org) dan microsite KS (forum sasak, kamus sasak, pulau -ombok.com,  webmail KS, blogger community, facebook KS). Melakukan perubahan, pengurangan, penambahan, pengaktifan, penon-aktifan dan lain-lain yang berhubungan dengan website komunitas sasak.

Pemban KS 2 –   Le Wharid Rahmana, alias LWR, domisili lombok Tengah

Bertanggung jawab terhadap materi website dan microsite komunitas sasak, berupa pemberitaan, kolom, universitas KS, dan materi-materi lain dari kontributor KS.

Pemban KS 3 –   Muhammad Ro’il Bilad, alias MRB, domisili Leuven, Belgia

Bertanggung jawab terhadap pendanaan KS (Iklan, donasi, proyek), proyek KS, dan sekolah virtual KS.

Pemban KS 4 –   Muslifa Aseani, alias MA, domisili Semarang

Bertanggung jawab membereskan miling list komunitas sasak.

Selain terpilihnya Pemban KS, juga diputuskan anggota dewan penasihat KS sebagai berikut:

Penasihat 1 – Hazairin R Junep, alias HRJ, domisili Jogyakarta

Penasihat 2 – Le Mujitahid Amien, alias LMA, domisili Bogor.

Penasihat 3 – Lalu Muhamad Jaelani, alias LMJ, domisili Taiwan.

Selanjutnya pemban KS akan melakukan lobi-lobi untuk membangun struktur yang lebih jelas mengenai fungsi dan tugas masing-masing. Selain itu Pemban KS akan segera melakukan evaluasi, penarikan aspirasi, dan persiapan program yang akan datang melalui miling list komunitas sasak. Program kerja ini akan segera diumumkan melalui sasak.org paling lambat pada tanggal 5 April 2009.

Kita semua berdoa semoga transformasi ini menjadi lembaran baru yang lebih menarik, dan merupakan langkah maju, bagi kisah panjang tentang cerita kepedulian sasak diaspora terhadap tanah asalnya.

Demikian hasil restrukturisasi ini saya sampaikan, semoga ini menjadi langkah maju bagi komunitas sasak dimasa mendatang.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

 

FORMATUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *