Ngarahan, Tradisi Anak Ngaji Begibung
May 1, 2014
Taman Sangkareang, Destinasi Wisata di Tengah Kepenatan Kota
May 2, 2014

Inaq Rabiq vs Inaq Irok

Inaq Rabiq vs Inaq Irok
(Catatan Tentang Cinta Segi Tiga)

Oleh Zulkipi, SE, MM *)

Zulkipli, SE, MMLombok [Sasak.Org] Suatu masa, Di sebuah kedatuan di Lombok, hidup dengan tenang sang Datu dengan permaisurinya yang merupakan putri dari Kerajaan Seberang, permaisuri tersebut di panggil Inaq Rabiq, nama yang merupakan konsekuensi dari pilihannya tinggal di Lombok.

Inaq Rabiq mempunyai 4 anak hasil produksinya dengan Datu tersebut. Mereka menjadi buah bibir rakyat karena dianggap serasi, Datu yang gagah dan Inaq Rabik yang cantik. Tetapi, suatu masa, Datu tersebut mengambil selir dari negeri yang jauh yang kemudian dipanggil Inaq Irok. Datu Lombok mempunyai 1 Permaisuri dan 1 selir.

Ternyata Inaq Rabiq tidak ingin punya selir, akhirnya Datu mengembalikan Inaq Rabik ke Orang Tuanya yang seorang Datu di Negeri jauh. Rakyat menggunjing tiada terkendali, Inaq Irok belum mendapat hati rakyat walaupun mampu memenuhi hati Datu.

Akhirnya, ada kejadian pemilihan utusan Datu untuk ke negeri seberang, pemilihan utusan ini melibatkan seluruh rakyat yang harus memilih siapa yang akan menjadi utusan Kedatuan. Tidak disangka, Inaq Rabiq terpilih menjadi utusan Datu. Meradanglah Inaq Irok yang belum juga mendapat kepercayaan dari para rakyat sebagai permaisuri.


Datu berkata, Tuhan telah mengatur semuanya.

*) koordinator komunitas sasak regional lombok

1 Comment

  1. Amaq Khangkhunk says:

    crita ne tdk mksd…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *