Instruksi Kapolri Kepada Dirlantas di Wilayah Terdampak Bencana

HUT Polantas ke 63, Ditlantas Polda NTB menyerahkan Bantuan Sekolah di Lokasi Gempa
September 24, 2018

Instruksi Kapolri Kepada Dirlantas di Wilayah Terdampak Bencana

Instruksi Kapolri Kepada Dirlantas di Wilayah Terdampak Bencana

Bencana gempa dan tsunami di wilayah Palu dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengakibatkan sejumlah infrastruktur kota mengalami kerusakan yang parah. Sebelumnya, hal yang sama juga terjadi sebelumnya di kota Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) akibat gempa yang juga mengakibatkan kerusakan dan banyak memakan korban jiwa.
.
Musibah yang terjadi di dua wilayah Indonesia ini juga turut berdampak pada kerusakan sistem ekonomi di kota-kota yang terkena dampak bencana.
.
Dalam hal ini, Kapolri selaku pimpinan tertinggi Kepolisian Indonesia mengerahkan dan memerintahkan jajarannya untuk bekerja maksimal untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana di NTB dan Sulteng.
.
Kapolri juga meminta pihak stakeholder terkait guna mendukung upaya bersama dalam pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana alam. Salah satunya kepada pihak BRI dalam hal dukungan pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) C Baru gratis di Provinsi NTB dan Sulteng pascagempa.
.
Selanjutnya, Kapolri meminta kepada Dirlantas terkait untuk berkoordinasi dengan Kasubdit SIM Dit Regident Korlantas Polri dalam pelaksanaan kegiatan penerbitan SIM C gratis mulai tgl 19 sd 25 Oktober 2018 di wilayah NTB dan Sulteng.
.
“Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap berpedoman pada persyaratan penerbitan SIM baru sebagaimana diatur dalam Perkap No. 9 tahun 2012 pasal 24. Yakni, memenuhi syarat usia, administrasi, dan kesehatan,” ujar Kapolri.
.
Adapun jumlah penerbitan SIM C baru sesuai dengan jumlah yang disediakan, yaitu: *Wilayah NTB*
Polres Lombok Utara 25 pemohon
Polres Lombok Timur 25 pemohon
Polres Lombok Barat 25 pemohon
Polres Mataram 50 pemohon
Polresta Sumbawa 25 pemohon
Polres Sumbawa 25 pemohon
*Wilayah Sulteng*
Polres Palu 75 pemohon
Polres Sigi 25 pemohon
Polres Donggala 25 pemohon.
.
Dengan demikian Kapolri berharap agar masyarakat dan wilayah yang terkena dampak bencana dapat segera pulih. Dan dapat melakukan kembali aktivitasnya untuk membangun ekonomi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *