Jodoh Karena ..

Taqdirmu, Catatan Pengumuman CPNS 2013
December 24, 2013
Maulid Nabi Muhammad SAW, Catatan Maulid di Lombok
January 14, 2014

Jodoh Karena ..

Jodoh Karena….
(Catatan Film Syurga Cinte)
Oleh Zulkipli, SE, MM

Zulkipli, SE, MM[Sasak.Org] Jodoh adalah salah satu rahasia Tuhan. Dia misterius, walaupun berada di teritori ikhtiar sebelum tiba masanya. Ada yang tinggal ijab qabul tiba-tiba kabur pengantin wanitanya, dan banyak cerita-cerita unik lainnya tentang jodoh.
Berbicara tentang jodoh, biasanya akan langsung dimaknai sebagai bertemu atau cocoknya seorang wanita dan pria yang kemudian terikat oleh aqad. Sebetulnya, berteman, berkumpul, berserikat, atau apapun yang melibatkan 2 personal bisa digolongkan jodoh, bila tidak ada kecocokan lagi, bisa jadi akan ada perpecahan, tidak berteman lagi, tidak ikut berkumpul lagi, dan itu bisa dikatakan sudah tidak jodoh lagi. Setiap orang bisa jadi punya interpretasi yang berbeda tentang ini.
Kemarin malam, ketika kreatifitasku menjaga anak terasa tumpul, saya ajak anak saya nonton film, akhirnya, tidak sengaja kami tonton film surge cinte dideretan koleksi film yang ada di hd external. Ternyata film Malaysia, saya pikir filmnya Punjabi cs, sang perusak ummat melalui film.
Ceritanya tidak jauh berbeda dengan sinetron-sinetron Indonesia dan cerita akhirnya sudah ditebak sejak melihat muqaddimah film. Film ini mengisahkan tentang anak muda dari keluarga kaya, tapi tidak pernah diajarkan agama. Mulai dari wudhu dan ibadah lainnya. Padahal IC-nya Islam. Dugem dan aktifitas yang berdekatan dengan dugem menjadi kebiasaannya. Suatu saat, anak muda ini taruhan dengan kawan-kawannya. Jika anak muda yang bernama “AM” ini mampu mengambil hati si gadis berkudung, maka temannya akan memberi 5rb ringgit.
Cerita terus berlanjut yang akhirnya sudah bisa dikira-kirakan. Si AM bertaubat karena si gadis berkudung yang ternyata adalah Cik Gu dari adiknya, Cik Gu “SYU” mengajarkan agama, fiqih, akhlak, dan ilmu agama lainnya ke AM.
Ada dialog menarik di menjelang akhir film tersebut. Ketika Atuknya SYU alias syuhadah menerangkan jodoh ke AM. “Am, jodoh itu ada tiga penyebabnya. Pertama, Jodoh karena setan. Kamu pacari syu, kami rayu dia, kamu gauli dia, dan syu hamil, maka kalian menikah. Itu namanya jodoh setan. Yang kedua, jodoh karena Jin atau sihir. Syu tidak mau sama kamu, tapi kamu memakai sihir dan ilmu-ilmu jin. Akhirnya kalian menikah, itu namanya jodoh Jin. Dan yang terakhir, jodoh karena Allah, kamu berkenalan, jatuh hati, istikharah, kalian saling memahami dan mencintai, itulah yang namanya jodoh karena Allah, kalian bersatu sampai syurge. Ini yang namanya syurge cinte”.
Film yang memakai bahasa melayu ini mengingatkanku akan para TKI TKW di Malaysia, teman-temanku di Pekanbaru, dan tanah-tanah sumatra melayu di pinggir selat malaka. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *