Keindahan Tanjung Ringgit, Destinasi Wisata Alami

Tiyang Pelungguh Sasak
March 18, 2011
Sasak Lasingan!
March 18, 2011

Keindahan Tanjung Ringgit, Destinasi Wisata Alami

Tanjung Ringgit

Lombok Timur [Sasak.Org] NTB tidak hanya memiliki keindahan Pulau Singgigi dan keunikan Pulau Komodo, ternyata di NTB (Nusa Tenggara Barat) terdapat tempat wisata yang elok, namanya Tanjung Ringgit, yang terletak di  Lombok Timur NTB.

Tanjung Ringgit memang bukan tujuan utama para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Tanjung Ringgit jauh tenggelam di bawah bayang-bayang ikon wisata Lombok, seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi maupun Pantai. Warga setempat sebagian besar juga kurang mengenal tempat ini. Perjalanan dari Mataram ke Tanjung Ringgit memakan waktu sekitar 2,5 jam.
Ringgit ini bagaikan mutiara terpendam, air lautnya berwarna-warni, dengan gradasi indah. Ada biru pekat, tosca ataupun biru agak muda.  Di sekelilingnya ada tebing-tebing batu kokoh yang memanjakan mata. Seorang teman bilang nyaris percaya bisa menemukan tempat seelok itu di Lombok Timur. Benar-benar membuat speechless. Yang menarik, tempat ini masih sangat sepi, nyaris seperti panta pribadi.
Keindahan Tanjung Ringit biasanya hanya dinikmati dari perbukitan di atasnya. Untuk menyentuh air-air berwarna menarik di bawah cukup sulit. Ada penghalang berupa tebing-tebing yang cukup curam.
Keindahan Tanjung Ringit biasanya hanya dinikmati dari perbukitan di atasnya. Untuk menyentuh air-air berwarna menarik di bawah cukup sulit. Ada penghalang berupa tebing-tebing yang cukup curam. Tapi dasar kurang kerjaan, kami berlima nekat turun ke bawah. Guide yang mengantar kami cuma bisa geleng-geleng kepala menyaksikan kenekatan itu. Katanya sangat jarang tamu-tamunya mau turun sampai bawah. Tapi nafsu menyentuh dan merasakan keindahan secara nyata, membuat kami melupakan risiko fatal, seperti terjatuh misalnya. Perjalanan naik turun tebing.
Pantai-pantai di sekitar Tanjung Ringgit juga tak kalah indah. Salah satu yang terindah adalah Pantai Tangsi. Pantai ini bisa jadi start bagi yang gemar bersnorkling. Ada dua spot snorkling di tempat ini. Untuk sewa kapal ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000. (aalmarusy)

1 Comment

  1. Tongkonanku says:

    Kapan2 saya harus ke Lombok nih..! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *