Komunitas Sasak adakan Pekan Permainan Sasak

Puisi Sasak: Boyax Penaox
June 4, 2013
Hizib NW Digital versi Android resmi Diluncurkan
June 10, 2013

Komunitas Sasak adakan Pekan Permainan Sasak

Lombok Tengah [Sasak.Org] Komunitas Sasak Regional Lombok mengadakan acara Pekan Permainan Sasak (PPS) yang dilangsungkan di Pesantren Hidayatul Muhsinin di Jl Bypass BIL KM 15 Desa Labulia Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 7 Juni 2013 ini berlangsung meriah. Berbagai pertandingan khas sasak di gelar. Mulai dari pembuatan peledok, kendole, main cungklin, pembuatan gansing, pembuatan layangan, presean dan permainan lainnya.

pekanPS

Lomba Pidato dan Baca Puisi Sasak

Kegiatan ini disponsori penuh oleh Komunitas Sasak. Penanggung Jawab kegiatan, Amaq Nune menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan nanti direplikasi dengan cakupan wilayah yang lebih besar. “Jujur saja, berangkat dari keresahan kami, banyak anak-anak suku sasak yang tidak memahami atau bisa permainan sasak, yang membuat saya tambah miris, para peserta diajarkan dulu cara bermain cungkling, cara membuat peledokan” ┬átambah aktifis KS regional Lombok ini.

Enjang

Enjang


Membuat Gasing

Membuat Gasing


Presean

Presean


Cungklik

Cungklik

Para peserta berasal dari berbagai dusun di Desa Labulia, Desa Batutulis, Desa Sukarara Lombok Tengah dan Desa Kuripan Lombok Barat. Mereka terlihat antusias mengikuti berbagai pertandingan. Khusus untuk Puisi dan Ceramah Bahasa Sasak telah disiapkan teksnya oleh Sesepuh KS Bapak Hazairin R Junep yang menyempatkan diri membuat puisi walaupun sedang berada di Thailand. Ada juga Al Ustadz Gufran Muhsan yang tulisan puisinya menjadi favorit para peserta.

PPS ini akan berakhir pada tanggal 12 Juni 2013 dan pemberian hadiah akan dilangsungkan pada hari Kamis Tanggal 13 Juni 2013 yang bertepatan dengan acara Perpisahan Kelas III MTs dan MA Hidayatul Muhsinin. Hadiah yang berupa uang tunai tersebut berasal dari Donasi Pemban Komunitas Sasak. [WKS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *