Kopi, suguhan silaturrahim khas Sasak
November 18, 2013
Siap Siap Menanam Jagung
November 23, 2013

Komunitas Sasak dan Bank Indonesia Bangun Pabrik Pakan Ternak

Lombok Tengah [Sasak.Org] Sebagai bagian dari Sistem Pertanian Terpadu (SPT) yang digagas oleh M. Roil Bilad, Phd, salah seorang sasak diaspora yang kini menjadi peneliti di Abu Dhabi. Dibangun pabrik pakan ternak konsentrat untuk sapi dan kambing. Setelah sebelumnya, di lokasi binaan KS-BI telah dibuat Biogas yang sampai kini masih digunakan, Pabrik kompos granul, kandang sapi, dan kandang kambing PE.
“Kalau tidak membuat gebrakan untuk mengatasi masalah pakan ternak sapi ini, BSS itu hanya mimpi. Tidak mungkin 1 peternak akan memelihara 5 ekor sapi. Karena kultur di Lombok selalu memberi pakan hijauan saja. Tetapi bila dengan memakai pakan, saya berani jamin. 1 peternak bisa memelihara 10 ekor sapi” jelas Zulkipli, Pengurus Yayasan Komunitas Sasak di Bun Mudrak Lombok Tengah.

Para penyabit rumput berebutan naik pick up

Para penyabit rumput berebutan naik pick up

Ketika musim kemarau, tampak setiap siang sampai malam truk maupun mobil pick up yang mengangkut para penyabit rumput dari Lombok Tengah ke Lombok Barat. Mereka terlihat menunggu sampai jam 10 malam untuk menunggu mobil maupun truk jemputan. “Coba hitung, berapa biaya transportasi menyabit mereka, jika masa kemarau 4 bulan saja. Dan biasanya mereka tidak memasukan variabel waktu dan tenaga mereka sebagai biaya sehingga merasa untung banyak ketika menjual sapi mereka” tambah Alumni Universitas Mataram ini.

Pabrik Pakan ternak sapi sedang proses pembangunan

Pabrik Pakan ternak sapi sedang proses pembangunan

Atas dasar keinginan untuk memberikan solusi tersebut, Komunitas Sasak sejak tahun 2010 mengupayakan adanya pihak yang bersedia membangun pabrik pakan ternak sapi yang nantinya diharapkan dapat menjadi pilot project untuk kesuksesan para peternak. [WKS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *