Komunitas Sasak di Korea, Suka Duka di Negeri Gingseng

KS Regional Lombok Adakan Bubar di Pondok Pesantren
September 1, 2009
Ramai-ramai bangun pabrik pupuk organik: Siapa yang diuntungkan?
September 7, 2009

Komunitas Sasak di Korea, Suka Duka di Negeri Gingseng

Komunitas Sasak di KoreaKOREA [Sasak.Org] Seperti kebanyakan para perantau perantau Lombok, khususnya yg berada di luarnegeri, di Korea ini  kami bisa merasakan pengalaman berharga, banyak pengalaman yang membahagiakan, tak jarang pula pengalaman yang menyedihkan bagi kami. Sebagai perantau yang jauh dari sanak keluarga, kami berintraksi dengan orang-orang yg belum kami kenal, begitu juga dengan adat istiadat, kebiasaan, bahasa cara hidup dan berbagai hal lain. Semua ini menjadi bumbu kehidupan bagi kami, yang kelak akan kemi rasakan manfaatnya ketika kembali ke tanah air.

Dari sekian banyak perbedaan yg  kami temukan, BAHASA adalah salah satu yang sangat menonjol. Bahasa Korea sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia apa lagi Bahasa Sasak, sehinga kadang-kadang inilah kendala paling berat yang kami hadapi. Sering terjadi kesalah pahaman diantara kami. Terutama ketika orang orang-orang Korea memerintahkan kami mengerjakan sesuatu pekerjaan A akan tetapi yg kami kerjakan adalah B, begitu juga saat menyuruh mengambil suatu benda yg kami bawa benda lain, makanya jangan heran kalo sering terjadi perselisihan bahkan perkelahian antar orang korea dan TKI. Untuk itulah saya berharap supaya bagi semeton semeton yg ingin bekerja di korea untuk memperdalam Bahasa Korea supaya tidak terjadi hal hal  yg tidak kita inginkan.

Perbedaan kedua adalah AGAMA. Orang Korea rata rata beragama budha, kristen dan sisanya penganut agama kepercayaan, menyembah nenek moyang mereka, karena itulah umur begitu dihargai di Korea. Berbeda dengan bangsa lain, orang Korea akan menanyakan umur kita ketika pertama kali bertemu, ini terkait erat dengan penghormatan, penghargaan dalam pergaulan selanjutnya. Selanjutnya, umur seseorang berhubungan dengan tingkatan bahasa yg akan digunakan pada saat kita berbincang bincang dengan orang korea, dikemudian hari.

Saat Saat Istirahat

Bagian selanjutnya adalah ADAT ISTIADAT. Orang korea sangat menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Salah satu contohnya jika dia lebih muda umurnya maka dia akan memangil kakak begitu juga sebaliknya, orang yg lebih tua akan memangil kita seperti memangil anak anaknya sendiri. Orang Korea tidak suka makan sesuatu dengan cara sendiri sendiri, mereka pasti akan membagi bagikan kepada orang yg mereka kenal.

Semeton Sasak Melepas Lelah

Ada beberapa kebiasaan di korea yg tidak sama dengan kita di Lombok. Diantaranya mereka biasa menunjuk dengan kaki, memukul kepala, duduk lebih tinggi pada saat kita berbicara tanpa memandang usia dan itu semua bagi orang korea bukan suatu hal yg dilarang. Orang korea juga jarang atau mungkin tidak ada yg akan mencari pasangan baik itu sebagai pacar atau pun suami istri yg usianya terpaut jauh, paling tidak 2 atau 3 tahun, tapi mereka kebanyakan mencari pasangan yang seusia. Perbedaan usia pasangan yang terlalu jauh akan menjadi hal yang tabu bagi orang Korea. Sebenarnya banyak sekali perbedaan perbedaan yang mencolok di Korea dengan adat/kebiasaan kita di Kombok tapi saya cuma menceritakan secara garis besarnya saja.

AKTIVITAS KAMI DIKOREA

Setiap hari kami rata – rata bekerja di Korea dari senin sampai sabtu, banyak juga yang hari sabtunya dihitung lembur begitu juga dengan hari hari libur (besar). Waktu kerja di Korea hampir sama dengan di indonesia yaitu 8 jam dan lebihnya akan dihitung lembur, di Korea kedisplinan sangat diutamakan makanya kami datang di tempat kerja 10 menit sebelum bekerja dan pulangnya harus lewat 5 menit sebelum selesai waktu kerja. Orang korea sudah terbiasa kerja sampai larut malam bahkan kadang kadang bisa bekerja 24 jam dan tidur cuma 3 jam.

Tim Sepakbola Sasak Korea, Aktivitas Semeton Sasak Korea

Di akhir pekan kami biasanya berkumpul dengan semeton-semeton yang berasal dari lombok di suatu tempat. Bahkan kami membuat suatu komunitas yg bernama GALOK (Gabungan Anak Lombok). Banyak kegiataan kegiataan yg kami lakukan di akhir pekan atau di malam mingu dan hari libur panjang. Kegiatan kegiatan yang biasanya kami lakukaan diantaranya: zikiran, main bola, band dan sebagainya,  bahkan karena banyaknya jumlah orang lombok di Korea, terdapat Warung Lombok di sini, warung ini  bisa mengobati rasa rindu kami lek gumi sasak tentunya dengan masakan khas lombok. Di luar itu toko toko makanan dan masakan Indonesia sekarang ini sudah bisa kita jumpai hampir di semua kota besar di Korea.

Untuk berhubungan dengan keluarga yg ada dilombok, sekarang ini bisa dikatakan tidak ada jarak lagi. Kemajuan teknologi informasi baik itu lewat HP, internet bahkan teleconfrence sehinga memudahkan kami untuk berhubunga bahkan dengan keluarga yg ada di negara lain.
HARAPAN KAMI

Berhubung kami sebagai TKI tidak selamanya berada di negeri orang dan tentunya kami akan kembali juga ke lombok, kami punya harapan dan cita cita untuk masa depan yg baik, nah disinilah kendalanya bagi kami. Pertama sering kali kami yg pulang dari Korea tidak bisa memanfatkan pengalaman yg pernah kami dapatkan di korea sehinga banyak di antara kami yang akan kembali ke korea begitu habis modal. Kedua, belum adanya suatu badan atau lembaga dari pemda untuk memberikan kami pelatihan wira usaha ataupun penjelasan penjelasan penyaluran modal yg kami bawa dari korea sehinga penyaluran modal yg kami bawa tidak tepat sasaran. Ketiga kami dikorea rata rata bekerja di bidang industri yg tidak cocok dengan keadaan di lombok yg bukan daerah industri, untuk itulah kami berharap dari pemda untuk mencari jalan keluarnya. Keempat, kami yg bekerja di korea rata rata sudah mempunyai modal disiplin dan kerja keras, harapan kami semoga pemda memikirkan hal ini untuk menyalurkan kami pada prusahaan perusahan yg baik. Kelima, kami sebagai orang gumi sasak ingin melihat daerah kami maju dan jaya seperti korea..

Demikian sedikit pengalaman saya di korea..
mohon maaf atas segala kekeliruan..
kami mohon doa dari semua keluarga dan saudara saudara di lombok..
wassalamualaikum wbk

MUHAMAD FAHRUNNAJA
alamat sekarang 470-16 musong-dong hwaseong-si gionggi-do korea.
alamat di lombok..
batuson lingkungan TENGARI PRAYA LOTENG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *