Komunitas Sasak gelar buka Puase Bersama Yatim Dhuafa

Tradisi Malam Ramadhan, Warga Lombok Nyalakan 'Dile Jojor'
July 13, 2015
Ke Lombok, Jangan Lupa Menyambangi Pantai Nipah
July 15, 2015

Komunitas Sasak gelar buka Puase Bersama Yatim Dhuafa

Tampak sebagian Yatim Dhuafa sedang mendengarka Dongeng Ramadhan . Foto : Cepot Doang


Seperti pada bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, Komunitas Sasak mengadakan Buka Bersama Yatim dan Dhuafa sekaligus pemberian bingkisan kepada yatim dhuafa yang Ramadhan kali ini diadakan di Pesantren Annaba’ Hidayatullah Menang Gerung Lombok Barat. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan Komunitas Sasak (YKS) Lalu Nofian Hadi Saputra bersama keluarga beserta sekretaris YKS Abdul Radjab.
Para yatim dhuafa yang diundang berasal dari dari beberapa 3 Kecamatan yaitu Kediri, Gerung, dan Kuripan Lombok Barat sebanyak 25 anak. Bekerjasama dengan BMH Lombok Barat, acara tersebut diisi dengan pengajian oleh Ustadz Muhammad As’ad dari Rembige dan Dongeng Ramadhan oleh Ibnu Anhar.
Menurut Ketua YKS, kegiatan Buka Bersama ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh YKS, di samping berbagai kegiatan yang dirasakan bermanfaat untuk ummat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua penggiat Komunitas Sasak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini, khususnya yang membantu pendanaannya” ujar pengusaha properti ini.

Tampak Ketua dan Sekretaris YKS . Foto : Amaq Nune


Ustadz As’ad dalam nasihat ramadhannya menyampaikan kepada semua peserta khususnya anak-anak yatim dhu’afa yang hadir pada kesempatan itu untuk berupaya mendalami Islam sejak dini. Mulai dari hal-hal terkecil seperti Rukun Islam. “sangat disayangkan jika seorang anak Muslim belum hafal Rukun Islam” nasehatnya sambil menanyakan beberapa anak tentang pemahaman agamanya.
Dongeng Ramadhan yang disampaikan oleh Ibnu Anhar mengupas tentang Nabi Muhammd Saw yang juga seorang yatim dhuafa tetapi menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Dalam Dongeng yang disampaikan dalam bahasa sasak tersebut Ibnu Anhar menekankan agar anak yatim harus tetap mempunyai cita-cita yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *