Kopi Lombok Diburu Pabrik di Jatim

Babad Batu Besar VIII
March 30, 2011
Ìîÿ Ðîäèíà — Ëîìáîê! [maya rodina lombok]
April 6, 2011

Kopi Lombok Diburu Pabrik di Jatim

Mataram [Sasak.Org] Kopi produksi petani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tengah diburu. Salah satunya yang dilakukan PT Segar, pabrik pengolahan kopi di Jawa Timur. Kopi Lombok dinilai memiliki citarasa yang berbeda dibandingkan kopi daerah lain.

“Saya diminta untuk membantu pabrik itu mencarikan kopi robusta dan arabika yang benar-benar murni dari Lombok,” kata Agus Wijaya, salah seorang pengusaha yang menjadi peserta pasar lelang “forward” (PLF) komoditi agro yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Sabtu (26/3).

Ia mengatakan, pabrik tersebut membutuhkan pasokan kopi robusta sebanyak 100 ton dan kopi arabika 100 ton. Namun, pengirimannya bisa dilakukan secara bertahap yakni sebanyak 25 ton per pekan untuk masing-masing jenis kopi.

Upaya memperoleh dua jenis kopi tersebut juga dilakukan dengan mengikuti PLF komoditi agro yang digelar oleh Disperindag NTB, karena diikuti oleh para pengusaha dan petani lokal. Selain itu, dengan mendatangi sejumlah sentra produksi di Lombok Timur dan Lombok Utara, namun belum memperoleh volume sesuai yang dibutuhkan.

Harga pembelian yang ditawarkan mulai dari Rp13 ribu per kilogram, tergantung kualitas kopi yang dihasilkan. Agus yang sebelumnya hanya fokus mencari komoditi gula aren dan sayur-sayuran, mengaku sudah menandatangani kontrak pengadaan kopi dengan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan komoditi perkebunan tersebut dalam jangka waktu tiga bulan.

“Perusahaan itu mau dalam jangka panjang, tapi saya tidak berani. Saya hanya menyanggupi selama tiga bulan, karena khawatir tidak bisa merealisasikan kalau kontrak dalam jangka panjang karena keterbatasan komoditas itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, adanya perusahaan yang membutuhkan kopi dalam jumlah banyak merupakan sebuah peluang bagi petani di NTB, khususnya di Pulau Lombok, untuk menjalin kerja sama pemasaran hasil produksinya.

“Selain memburu kopi Lombok, PT Segar ini juga mencari kopi dari NTT dan Jambi, untuk diolah menjadi produk yang dipasarkan ke konsumen kalangan menengah atas. Ini adalah peluang pasar bagi para petani kopi di Lombok,” ujarnya.(Ant/BEY/Mtr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *