KS dan BI Mataram Latih Perajin Tenun Tradisional

1001 SAPI
May 20, 2012
Sastra Kanak Sasak: Cinta lombok kuala lumpur-5
July 3, 2012

Lombok Tengah [Sasak.Org] Sebagai bagian dari kegiatan desa mandiri dan program bangun desa kerjasama Bank Indonesia Mataram, Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) dan Komunitas Sasak, diadakan pelatihan bagi para penenun tradisional di lokasi kegiatan tersebut. `Pelatihan ini merupakan pelatihan tahap ke dua, lanjutan dari pelatihan sebelumnya` kata Zulkipli, SE, MM, Koordinator Komunitas Sasak Regional Lombok.

Pelatihan Tenun Tradisional

Pelatihan yang mengambil tema “Pelatihan peningkatan kemampuan perajin tenun dalam pemilihan dan pewarnaan benang” ini merupakan kerjasama Kantor Bank Indonesia dengan Komunitas Sasak, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 12 – 14 Juni 2012.

Pelatihan ini diharapkan dapat menambah ketreampilan dari para ibu-ibu yang merupakan binaan BI dan KS dalam mewarnai benang. Instruktur dari pelatihan berasal dari Bali dan juga para praktisi tenun yang ada di pulau Lombok.

Pelatihan sebelumnya, yang berlangsung 28 – 30 Mei 2012 telah menunjukkan hasil yang positif, pelatihan tahap pertama tersebut bermaterikan penguatan kelompok, manajemen pemasaran, dan analisa usaha dengan instruktur dari Yayasan Annisa Mataram. Antusiasme ibu-ibu peserta telah mendapatkan apresiasi dari para instruktur termasuk dari BI dan Komunitas Sasak, para peserta tersebut mulai rutin mengadakan rembug mingguan untuk melaksanakan RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang sudah disepakati saat akhir pelatihan tahap pertama tersebut.

Komunitas Sasak oleh BI Mataram diminta untuk secara intens memberikan pendampingan kepada para penenun tersebut, “silahkan lakukan inovasi pendampingan agar masyarakat disini merasakan manfaat dari bantuan tersebut” ujar pak hendik dari BI Mataram. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *