[Proyek KS] KS Untuk Dunia Pendidikan (bag. 1)

Teknologi Biogas Untuk Peternak
December 8, 2008
[Proyek KS] Sistem Pertanian Terpadu (bag. 1)
December 15, 2008

[Proyek KS] KS Untuk Dunia Pendidikan (bag. 1)

intro : proyek ini diinisiasi oleh Muhammad Roil BIlad, silahkan meninggalkan masukan anda melalui fasilitas komentar yang ada pada situs ini
 
Bayangan saya, KS roadshow ke sekolah-kolah dengan beberapa objective:
  1. Melakukan sosialisasi tentang KS tentang cita-cita, misi, dan pencapaiannya selama ini. Dan menjelaskan bagaimana KS bisa bermanfaat untuk pendidikan dan bagaimana KS dan lembaga pendidikan tersebut bisa bersosialisasi.
  2. Melakukan pengenalan dengan penggunaan dan pemanfaataa internet kepada siswa dan guru. Berisi tentang contoh-tontoh program/fitur-fitur yang bisa digunakan dan bagaimana hal ini bisa menunjang sarana belajar-mengajar.
  3. Melakuakn sosialisasi e-learning kepada guru-guru termasuk demo tentang softwear-softwear sederhana yang bisa digunakan untuk pendidikan.
  4. Menawarkan pelatihan/traning yang selantjunya diharapkan sebagai follow-up kegiatan. Baik perupa traning engunaan internet, maupun e-lerging untuk para gurur-guru. Diharapkan program ini bisa memberikan sumber keuangan untuk operasional KS.
  5. Follow-up oleh komunitas online. Sasak.org akan disosialisakin sedemikian rupa sehingga  mereka akan  menggunakananya sebagai  sesangkok awal, baik melalui milis, forum, tanya jawab di web, maupun LIVE SUPPORT. Dengan demikian jika para new-bie itu mulai online mereka dengan mudah minta bimbingan online-realtime langsung melalui CS sasak.org

Output/keluaran

  1. KS semakin dikenal dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
  2. Cakrawala berfikir semakin terbuka.  Barier bahwa internet adalah sesuatu  yah wah dan sulit bisa didobrak.
  3. Antusiasme sekolah dan siswa untuk  berinternet.
  4. Semakin membesarnya anggota komunitas KS.

Teknis pelaksanaan:
Secara teknis project ini ada dua tahap. Sebuah presentasi umum dan di follow-up dengan training yang semoga saja cukup diminati. Sebagai inisitor, saya bersedia sebagai presenter untuk presentasi sekaligus menyiapkan materinya. Saya akan berusaha menyiapkan materi sehingga nanti benar-benar menarik. Saya sangat berharap usulan-usulan kreatif dari semeton senamean mengenai kontent, alur, dan lain-lain yg dapat memperindah presentasi ini. Konsep presentasi (silabusnya) juga akan saya floor di milis.


Rencana saya presentasi ini terdiri dari dua bagian:

  1. Presentasi umum kepada siswa dan guru terutama mengenai sosialisasi internet eserta manfaat-manfaatnya. Selanjutnya kegiatan ini akan di follow-up dengan
  2. Presentasi khusus guru-guru mengenai e-learning, bagaimana menggunakan internet sebagai core support kegiatan mengajar. Presentasi ini juga berisi demo softwear-softwear yang dapat dengan mudah digunakan untuk pendidikan.

Training/Pelatihan: Detail mengenai traning selanjutnya perlu digodok oleh tim pelaksana di lapangan kelak.

  1. Guru: Dilatih keterampilannya untuk menggunakan media elektronik audio visualuntuk pendidikan.
  2. Siswa: Trampil menggunakan internet, dan familiar dengan dunia IT.

Fasilitas dan Dana

  1. Tempat: Audiotrium sekolah (disediakan pihak sekolah)
  2. Perlengkapan: Laptop (sudah ada) , LCD-Projector (diusahakan disediakan pihak sekolah)
  3. Koneksi Internet: Im2/IM3-broadband atau GPRS-XL (kita lihat mana yang lebih bagus nantinya)
  4. Konsumsi dan lain-lain: tidak perlu
  5. Transport: masing-masing saja

Diusahakan seminimal mungkin dana yang dikeluarkan, baik KS maupun pihak sekolah. Hitung2 sedekah lah.

Selanjutnya saya akan posting silabus materi presentasinya, baik yang umum, maupun yang khusus untuk guru. Mohon tanggapan dan kritikan, serta tambahan dari rekan-rekan KS semua.

Rahayu bangse sasak!!
Salam,

MRB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *