[Proyek KS] Sistem Pertanian Terpadu (bag. 1)

[Proyek KS] KS Untuk Dunia Pendidikan (bag. 1)
December 15, 2008
Satu kosong delapan
December 16, 2008

[Proyek KS] Sistem Pertanian Terpadu (bag. 1)

intro : Proyek Sistem Pertanian Terpadu (selanjutnya disingkat SPT) KS diinisiasi oleh Muhammad Roil Bilad, nature kegiatan dapat dilihat pada cuplikan posting pada mailing list komunitas sasak yang disalin pada post ini. Pengunjung dipersilahkan ikut menyumbang saran melalui fasilitas komentar yang ada pada situs ini.
 
Silahkan diskusi mengenai SPT disini.

Akhirnya sempat juga tiang deskripsikan ide SPT yang mau dicoba.
Sebenarnya tiang mau menulis serial lengkap SPT di web sasak.org, tiang rencananya ada 6 serial, cuman karena keterbatasan waktu jadi belum juga kunjung jadi. Walaupun masih terus tiang cicil. Karena idenya sudah tiang expose sebelum tulisannya selesai, jadi tiang coba paparkan di milis saja.

Deskripsi:
Yang tiang maksud SPT itu adalah integrasi antara pertanian dan peternakan. Komponen-komponennya adalah:
1. Budidaya rumansia (dalam hal ini sapi)
2. Biodigestre penghasil biogas dan kompos.
3. Hyper kompos dari fermentasi lanjut sisa kotoran sapi yang dijadikan umpan biogas
4. Pertanian organik-SRI menggunakan kompos dan pestisida nabati, sebagai pupuk pengganti pupuk in-organik dan pola tananmnya menggunakan metode SRI (system of rice intensification).
5. Pengawetan jerami untuk stok pakan ternak dimusim kemarau.
Kira-kira lima komponen tersebut yang menjadi komponen SPT.

Sebenarnya tidak ada yang baru dari ke-5 komponen tersebut dan sudah terbukti berhasil dan memberikan keuntungan berlebih bagi petani. Namun demikian menjadikannya sebagai suatu sistem selama ini belum pernah tiang temukan. Padahal dengan menjadi satu kesatuan seperti itu, pengerjaannya akan menjadi mudah dengan potensi keuntungan yang berlimpah.

Rencana kegiatan:

  1. Pembuatan instalasi biodigester plastik (termasuk perbaikan sistem kandang)
  2. Pembuatan reaktor hyper kompos
  3. Training  operasional  1 dan 2.

Tempat Kegiatan:
Kebetulan 6 bulan yang lalu tiang pernah mengawali project ini di dusun Bunmundrak, Desa sukarare-Lombok Tengah. Namun karena keterbatasan dana saat itu, dibuat seadanya saja. Walaupun biogasnya berhasil beroperasi namun belum optimal. Disana juga sudah ada pepadu sasak yang dapat dipercaya untuk mengelolanya dengan baik. Kali ini akan dicoba dibuat lebih serius dengan konstruksi yang lebih baik sehingga layak disebut project percontohan yang selanjutnya jika berhasil akan ditiru oleh yang lainnya.

Yah cukup dulu untuk saat ini, nanti tiang lanjut lagi.

MRB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *