Kunjungi Lombok, Mentan Harap Satu Juta Sapi

Mentan Apresiasi Bun Mudrak
July 12, 2013
Sakralnya Masjid Al-Falah Songak di Lombok
July 13, 2013

Kunjungi Lombok, Mentan Harap Satu Juta Sapi

INILAH.COM, Jakarta – Harga daging yang sangat mahal membuat Menteri Pertanian Suswono bercita-cita mewujudkan satu juta sapi pada 2013.
Tujuannya itu bisa memasok ke Jakarta dan sekitarnya. Dengan demikian harga daging yang masih mahal bisa turun dari Rp90 ribu per kg menjadi Rp75 ribu per kg.
Keinginan Suswono tersebut terlontar saat mengunjungi Kelompok ternak Dusun Bun Mudrak, Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
“Tentu Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, selain Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa menopang kebutuhan daging nasional. Kita lihat ini dengan semangat pijar, sampai daerah ini dijadikan icon 1 juta sapi bisa terwujud,” ujar Suswono di Lombok, Jumat (12/7/2013).
Dengan terwujudnya satu juta sapi, Suswono meyakini akan mengurangi importasi sapi, baik sapi hidup maupun daging segar. “Kita mengimpor tiap tahun hampir 80 ribu ton sapi. Jadi 60% sapi bakalan hidup dan 40% daging sapi segar,” ucap Suswono.
Menurut Suswono sejak tiga tahun terakhir peternak sapi sudah diuntungkan. Harga daging sudah bagus, namun saat ini terlalu bagus. Lantaran harganya naiknya terus.
Sementara, kalau di Lombok harga daging sapi Rp60 ribu per kg. “Tentu kalau Sumbawa bisa suplai ke Jakarta harga bisa di bawah Rp90 ribu per kg. Jadi tiap hari masuk ke Jakarta pun agaknya masih kurang, karena konsumsi daging meningkat. Para peternak bisa meningkatkan peternakannya,” tuturnya. [hid]
http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2009609/kunjungi-lombok-mentan-harap-satu-juta-sapi#.UeEWtdI3DKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *