Laporan kegiatan KS for Education

TEKNIK PENGOVENAN TEMBAKAU VIRGINIA DI LOMBOK
March 7, 2009
Robohnya Pilar Masjid Kami
March 9, 2009

Laporan kegiatan KS for Education

Laporan kegiatan KS for Education

KS FOR EDUCATION @ SMAN MASBAGIK

Mungkin sebagian dari anggota KS bertanya-tanya mengenai kabar KS for Education. Saya sebagai panitia pelaksana meminta maaf atas keterlambatan laporan kegiatan. Hal ini disebabkan karena permasalahan teknis. Saya berharap membuat laporan lebih semarak dengan juga menyajikan foto-foto dan video pelaksanaan kegiatan. Namun demikian permasalahan teknis akibat data yang terkunci di computer salah satu panitia yang sampai sekarang belum bisa di reboot akibat terserang virus mematikan. Jika permasalahan tersebut telah teratasi, dokumentasi berupa foto dan video pelaksanaan akan segera di upload.

Melalui rapat persiapan yang dilakukan di kediaman Ridwan Mas’ud, kegiatan direncanakan dilakukan di setiap kabupaten/kota masing-masing satu sekolah untuk SMU sederajat. Namun demikian karena berbagai permasalahan maka yang berhasil terlaksana cumin satu sekolah yaitu SMU 1 Masbagek dngan Semeton Joank sebagai kordinator lapangan.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal (saya lupa) dari jam 11-14 siang di aula SMU 1 Masbagek dan dihadiri sekitar 150-200 siswa siswi dari kelas 1-3 dan beberapa orang guru. Pada saat itu dari Komunitas Sasak diwakili oleh L. Kholid Karyadi (menyediakan kendaraan pribadi beliau untuk transportasi), Joank (Koordinator lapangan), Le Wharid Rahmana (WKS dan pemateri), dan M Roil Bilad (peserta) dan LM Jaelani melalui video conference.

Kegiatan dibuka oleh wakasek kesiswaan yang diikuti dengan perkenalan dan sosialisasi komunitas sasak yang di sampaikan oleh L. Kholid Karyadi. Selanjutnya presentasi mengenai pemanfaatan teknologi multi media untuk pendidikan oleh M Roil Bilad, dan ditutup dengan diskusi dan Tanya jawab oleh Le Wharid Rahmana. Penyampaian materi berlangsung dengan tertib dan semarak, terutama ketika siswa/siswi disuguhkan materi presentasi yang disajikan dengan sangat interaktif menggunakan media audio-visual, animasi, dan video. Diskusi juga berjalan dengan sangat interaktif terutama karena siswa-siswinya sudah punya dasar-dasar IT atau lebih tepatnya pengantar IT sehingga pertanyaan yang diajukan sangat luas dan cenderung melebar (biasalah newbie).

Salah satu scene yang paling mantab adalah ketika live conference dari Founding Father Komunitas Sasak, LM Jaelani yang disiarkan langsung dari Taiwan. Beliau juga menyampaikan materi mengenai kesusksesan sasak diaspora di manca Negara. Para peserta tidak segan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai berbagai hal, mulai dari browser terbaik, pembuan blog, operating system, sampai tips dan trik menjadi hacker.

Karena antusiasme yang sangat besar dari sekelompok siswa/siswi yang tergabung dalam club computer, diskusi diperpanjang dengan peserta yang lebih kecil yaitu yang benar-benar berminat terhadap dunia IT. Diskusi semakin tajam dan menarik karena dipandu oleh nara sumber yang cukup mumpuni dibidang IT. Kegiatan ditutup dengan surprise lunch di kediaman Joank dengan menu special pelecing kangkung, ayam goreng dan ikan asin.

Sebagai tindak lanjut kegiatan, club computer meminta diadakannya pelatihan khusus yang saying sekali hingga laporan ini dibuat belum dapat dilaksanakan. Namun demikian berita baiknya adalah, melalui chatting pribadi, ternyata sudah banyak diantara peserta yang hadir yang mulaing mengakses dan menghubungi customer support website komunitas sasak.

Evaluasi

KS for Edu hanya bisa dilaksanakan di satu sekolah. Hal ini dikarenakan beberapa hal:

  1. Kesibukan Kser sehingga hanya sedikit yang bisa meluangkan waktunya
  2. Sekolah masih libur semester saat pelaksanaan kegiatan
  3. Banyak waktu yang tersita untuk inisiasi pembentukan yayasan komunitas sasak regional lombok.
  4. Pemilihan waktu kegiatan harus lebih cermat, sebaiknya ketika masa reses menunggu pembagian raport (biasanya tidak belajar, tapi wajib masuk sekolah)

Saran Perbaikan dan Tindak Lanjut

Melihat antusiasme dari pihak sekolah dan pelajar sebaiknya kegiatan KS for Edu ini terus dilaksanakan oleh KSer yang berada di Lombok

  1. Tentu saja sangat mulia jika harus mengeruk kantong saku untuk biaya kegiatan. Namun demikian tidak banyak diantara kita yang cukup tebal kantongnya untuk bisa terus menerus menggunakan dan pribadi. Perencanaan yang lebih terstruktur dengan menggandeng pihak sponsor baik swasta maupun pemerintah layak untuk di pertimbangkan.
  2. Lebih menarik keterlibatan mahasiswa/mahasiswi di Lombok sebagai tenaga eksekutor mengingat terbatasnya SDM KSer regional Lombok.

 

Penutup

Demikian laporan ini saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan keterlambatan. Saya berharap akar KSer diberikan keikhlasan yang sesungguhnya agar apa yang kita lakukan kelah berbuah surga di akhirat.

 

Wassalam,

Panitia.

MRB

1 Comment

  1. […] SHM. Hrg 450Jt, Nego. Kontak 08812484276. Setelah sukses mengadakan KS for Education 2008 http://sasak.org/2009/03/08/laporan-kegiatan-ks-for-education/ http://sasak.org/2009/05/10/pelatihan-it-denagan-materi-blog/ Kini, KS dengan digawangi Miq […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *