Lombok Lebih Populer dari Hawaii di Twitter

Berebut sekolah favorit
July 6, 2013
Mentan Apresiasi Bun Mudrak
July 12, 2013

Lombok Lebih Populer dari Hawaii di Twitter

Pantai Pink (Irwan Bajang)

Pantai Pink (Irwan Bajang)

VIVAnews – Memasuki liburan sekolah, Prapancha Research (PR) dalam penelitian terbarunya mengungkap temuan yang membanggakan masyarakat Indonesia. Indonesia ternyata salah satu tempat liburan yang paling terkenal di dunia.

Ini ditemukan Tim PR dari analisisnya terhadap 4.113.072 kicauan mengenai tempat-tempat liburan di media sosial Twitter selama kurun waktu dua tahun yaitu 4 Juli 2011-4 Juli 2013.

Peneliti PR, Adi Akhdiat, mengambil contoh Lombok yang jauh lebih terkenal ketimbang Hawaii dan Tahiti, dua situs liburan pulau tropis ternama dunia. Perbicangan mengenai Lombok di jagat Twitter mencapai 2.549.505 mention melampaui Hawaii (433.812 mention) lebih dari lima kali lipat dan melampaui Tahiti (232.687 mention) lebih dari sepuluh kali lipat.

Ia menjelaskan, tim sengaja memilih Hawaii dan Tahiti lantaran kedua pulau ini begitu populer—di mana keduanya sering disebut-sebut dalam film maupun majalah asing.

“Namun temuan di Twitter menunjukkan Lombok, yang tak pernah kita dengar dari film-film Hollywood, jauh lebih populer. Tim juga memilih Lombok, bukannya Bali, karena diasumsikan Bali lebih dikenal lagi dibandingkan Lombok,” katanya Jumat 5 Juli 2013.

Objek wisata kedua yang tak kalah populernya adalah Gunung Kelimutu, Flores NTT, yang tidak kalah populer dibanding Blue Mountains, Australia. Gunung Kelimutu mendapatkan 73.123 mention di seluruh Twitter, sementara Blue Mountains, memperoleh 99.318 mention.

“Situs Blue Mountains ini memiliki publikasi yang lebih baik di luar negeri namun perbincangan di twitterland tentang Kelimutu masih bisa mengimbangi gunung-gunung tersohor dunia itu,” tandas Adi.

Objek wisata selanjutnya adalah Danau Toba, danau dengan predikat terluas di tanah air. Masih lebih populerdibandingkan danau Titicaca di Peru, yang pernah diliput USA Today dan National Geographic, dan juga Lake Powell di Arizona yang juga sohor dari liputan rubrik-rubrik travel yang intens.

Lake Titicaca mendapat 28.643 mention, Danau Toba 54.390 mention, Lake Powell 58.245 mention. Danau Toba diperbincangkan nyaris dua kali lipat dari Lake Titicaca dan hanya berbeda tipis dengan Lake Powell.

Dan terakhir adalah Candi Borobudur yang mengalahkan Grand Palace Thailand dan Angkot Wat Kamboja. Grand Palace merupakan kediaman keluarga raja Thailand sejak 1782 merupakan situs turisme paling populer di Thailand, serta Angkor Wat, yang diklaim menjadi bangunan religius terbesar di dunia dari Kamboja, masing-masing hanya memperoleh 63.933 mention dan 104.914.

Jauh tertinggal dibandingkan pembicaraan tentang Borobudur sejumlah 1.137.739 mention.

“Hasil riset ini menunjukkan bahwa meski jauh dari sorotan media dan publikasi besar serta belum ditunjang promosi yang efisien, Indonesia dalam praktiknya terbukti diperbincangkan di mana-mana sebagai situs wisata favorit global,” paparnya.

“Kita dapat membayangkan bila pemerintah di masa datang bekerja lebih keras lagi, bukanlah mustahil Indonesia dapat menjadi raja pariwisata dunia,” tambah Adi. (umi)

http://us.m.news.viva.co.id/news/read/426538-lombok-lebih-populer-dari-hawaii-di-twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *