Maliki, Pemuda Pelopor Kebanggaan Pringgesela

Delegasi Bangladesh Kunjungi Bunmudrak
June 8, 2014
Pasar Paok Motong,Transito Sayur Pulau Lombok
September 29, 2014

Maliki, Pemuda Pelopor Kebanggaan Pringgesela

Lombok [Sasak.Org] Maliki, nama panggilan dari pemuda yang masih memilih status lajang ini. siapa sangka pemuda yang hobi main bulu tangkis ini adalah pemuda Pelopor NTB tahun 2011 dan nomor 4 pemuda pelopor se Indonesia tahun yang sama. memiliki keahlian menenun, mewarnai alami, dan juga sebagai pengumpul serta langsung mempunya gallerinya.
Maliki

Maliki


Beberapa produknya telah dipakai untuk beberapa lomba fashion show oleh desainer Erna Mutiara. ketika Wks berkunjung ke rumahnya, pemuda ini mengajak kami untuk melihat-lihat koleksi hasil tenunannya dan berkeliling kampung Pringgesele untuk melihat para ibu-ibu penenun. tampak bapak-bapaknya memakai sarung hasil tenunan.
Nama pringgasela mungkin belum banyak dikenal seperti Desa Sukarara Lombok Tengah. tetapi, lewat kreatifitas dari Pemuda Maliki ini, nama pringgesela mulai dikenal sebagai penyuplai kain-kain tenun ke berbagai artshop maupun galerry di Pulau Lombok.
“kami telah memproduksi kain tenun dengan menggunakan ATBM (alat tenun bukan mesin), ini untuk produksi yang lebarnya bisa mencapai 70 – 80 cm. Kami membuatnya sampai menjadi pakaian jadi” ujarnya di rumah sentra produksi tenun dengan ATBM.
Disinggung masalah statusnya yang masih saja melajang, Maliki menimpali “sebelum menikah kan harus sudah menyiapkan rumah dan sebagainya”. selamat berkarya bajang Maliki. [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *