Menghajikan Orang Tua

Dinasti
October 15, 2013
Terduga Teroris vs Terbukti Korupsi
October 20, 2013

Menghajikan Orang Tua

Menghajikan Orang Tua
(Catatan Anak yang ingin menghajikan orang tua)
Oleh Zulkipli, SE, MM
Evan Dimas, pahlawan sepakbola Indonesia tahun 2013 ini menyatakan, keinginan terbesarnya adalah menghajikan orang tua. Beberapa pemain-pemain muslim terkenal di Indonesia juga pernah diberitakan menyampaikan niat yang sama dengan evan. Beberapa anak muslim yang ketiban durian runtuh juga menyatakan hal yang sama seperti Fatin. Jika di bongkar lagi berbagai berita di Indonesia, banyak anak yang berharap sama dengan evan, tidak hanya yang mendapatkan uang mendadak, yang menguras keringat setiap hari seperti saya juga memimpikan untuk memberangkatkan haji orang tua saya. Tentu juga anak-anak muslim lainnya.
Haji, salah satu rukun Islam yang mewajibkan ummat Islam untuk menunaikan haji bagi yang mampu. Menyandang gelar haji di kampung saya adalah sebuah kehormatan. Setelah dipastikan naik haji. Akan diadakan ‘begawe’, semacam syukuran besar-besaran. Setelah itu, selama belasan hari sampai menjelang keberangkatannya ke tanah suci. Akan diadakan ‘selakaran’, pembacaan barzanji dan tahlilan. Setiap malam. Tuan rumah akan menyediakan makan atau sekedar jajan. Kelompok selakar ini datang dari berbagai kampung di sekitar rumah calon haji. Bisa dibayangkan berapa biaya yang dihabiskan setiap malamnya.
Saat pemberangkatan, calon haji diantar oleh puluhan keluarga dan tetangga. Bandara Internasional Lombok seperti danau manusia bila musim haji tiba.
Dipanggil dengan sebutan Kak Tuan, Adik Tuan, Mamiq Tuan, Bapak, Pak Haji atau panggilan lainnya menjadi kebanggan tersendiri sekaligus menjadi beban moral bagi haji di kampung saya.
Istimewanya Haji ini, mungkin menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang tua yang memimpikan haji. Saya secara pribadi, memimpikan memberangkatkan ibu saya untuk berhaji. Sama seperti Evan Dimas dan yang lainnya. Memberangkatkan haji orang tua adalah bagian terbesar dari pembuktian saya sebagai anak yang berbakti.
#selamat datang para haji, semoga Mabrurnya tidak hanya di spanduk saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *