Berdikari
March 11, 2013
Berhenti Mengecam Kegelapan
March 11, 2013

Merindukan Perubahan

Oleh  Muhammad Zukarnaen *)

Muhammad Zulkarnaen

Muhammad Zulkarnaen

[Sasak.Org] Pada suatu kesempatan, penulis bertemu dengan salah seorang senior sasak. Di akhir perbincangan, beliau menyarankan untuk ikut bergabung pada sebuah kelompok yang mengatasnamakan pembangunan daerah. Penulispun sangat antusias untuk segera bergabung kedalam kelompok tersebut dengan harapan supaya bisa mendapatkan banyak pemikiran-pemikiran tentang pembangunan daerah sehingga bisa ikut terlibat dalam memperbaiki keadaan daerah.

Akantetapi, setelah masuk kedalam kelompok tersebut. Ternyata apa yang penulis dapatkan sangat menyimpang dari harapan. Berbagai argumen dan isu yang muncul lebih banyak berisi tentang pernyataan-pernyataan yang bersifat menjatuhkan, melecehkan, dan merendahkan dibandingkan dengan pemikiran-pemkiran yang mengarah kepada pembangunan. Orang-orang berilmu yang berada dikelompok tersebut terlihat seperti orang dungu dan orang-orang tidak tau seperti seorang yang menguasai semua disiplin ilmu.

Sebagai genersai muda, penulis merasa sangat sedih dan prihatin melihat realita seperti itu. Para senior-senior yang seharusnya memberikan ilmu, pengalaman, dan pengarahan terhadap sesuatu hal yang bersifat produktif untuk memajukan daerah justru memperlihatkan pemandangan yang sangat tidak enak. Perbedaan pendapat sangat wajar terjadi. Akan tetapi apakah perbedaan pendapat itu kemudian akan selalu menjadi penghambat tercapainya misi besar kita : pembangunan? Apakah pemandangan seperti itulah yang akan diwariskan kepada kami selaku genrasi muda?

Kita semua pasti menginginkan daerah kita memiliki daya saing dengan daerah-daerah lain. Kita sudah banyak menyaksikan dan menyadari akan indeks pembangunan manusia daerah kita berada pada posisi yang jauh dibawah daerah-derah yang lain. Penulis sebagai salah seroang anak muda yang masih sangat membutuhkan arahan dan bimbingan sangat berharap ada perbaikan. Akan tetapi, jika kelompok yang mengatasnamakan pembangunan yang lebih banyak diisi oleh para senior itu hanya disibukkan dengan diskusi-diskusi yang berisi hujatan, cacian, makian, dan bahkan umpatan maka, penulis cukup pesimis untuk bisa mengejar ketertinggalan. Hasil diskusi yang didapatkan bukannya membangun akan tetapi justru lebih merusak dan semakin menjatuhkan daerah.

Tulisan ini sebagai bentuk harapan kami, khususnya kepada para senior untuk memperlihatkan dan memberikan kepada kami pemikiran-pemikiran yang lebih bersifat membangun. Kami merindukan kemajuan, kami merindukan perbaikan, kami merindukan bimbingan dan arahan. Obatilah kerinduan kami itu dengan memberikan energi positif sehingga kami bisa tumbuh berkembang menjadi generasi yang produktif, prestatif dan lebih kompetitif untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. []

*) Koordinator Gerakan Lombok Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *