Musim Panen akan bersamaan, mudahan harga bagus

Pekenan Mingguan, Mall-nya masyarakat Lombok
February 26, 2014
Bongkot Loak, Sejarah Kedatuan Kuripan
February 27, 2014

Musim Panen akan bersamaan, mudahan harga bagus

Lombok [Sasak.Org] Bila hari ini berkendaraan dari Lombok Barat sampai Lombok Timur, kita akan temukan usia tanaman padi yang sama. WKS berkesempatan melakukan perjalanan dari Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur untuk memperhatikan usai tanaman padi tersebut. “usia padinya sama semua” ujar Mahyudin, salah seorang peserta perjalanan yang mengambil rute Jl Bypas BIL, Praya, Mujur, Ganti, Keruak, Lendang luar, labuhan hari, Tanjung Teros, sampai Ijo Balit Lombok Timur.

Siap Panen

Siap Panen

Dengan meliat usia tanaman padi yang relative sama ini. Bisa diperkirakan harga padi saat panen ini akan terjadi penurunan. Hal ini tentu akan memberatkan petani yang mengaku di musim tanam ini biaya tanam padi terjadi penambahan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. “kemarin, ngampar (penyemaian padi) saja sampai 3 kali. Semua di makan tikus, benih kami berkurang terpaksa kami beli benih di Lombok Barat atau tempat lainnya yang selamat amparnya” terang salah seorang petani di Bypass BIL.

Pemerintah melalui Bulog mungkin telah menyiapkan skema pembelian padi ke petani. Biasanya dilakukan melalui para penendak (pengepul) mitra dari Bulog. Pengalaman tahun 2013 lalu ketika musim panen tiba, harga padi turun.  [WKS/Zkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *