Sasak Sang Beberox
October 29, 2009
Kita Koalisi juga Donk!
October 29, 2009

NTB Jadi Paru-paru Dunia

[Sasak.Org] PEMANASAN global sepertinya merupakan permasalahan yang dihadapi seluruh negara di dunia. Jika tidak segera dilakukan antisipasi, maka dampak dari pemanasan global yang lebih parah akan dirasakan oleh seluruh penduduk di belahan bumi ini. Apalagi belakangan, dampak dari pemanasan global sudah dirasakan.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) NTB Ir. Hj. Hartina, MM, mengungkapkan, dalam mengurangi dampak dari pemanasan global, menanam pohon dan menjaga kelestarian hutan harus dilakukan. Dengan menanam pohon, maka pencemaran udara, seperti karbondioksida (CO2) setidaknya bisa diminimalisir atau dikurangi.

‘’Bagi kita, CO2 adalah racun, tapi bagi daun pohon, CO2 bisa diserap untuk melakukan fotosintesis,’’ ungkapnya pada wartawan usai hearing dengan DPRD Sumbawa di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Rabu (28/10) kemarin.

Terkait hal tersebut, katanya, pihaknya sudah menerima tawaran dari investor dari Korea yang berencana menjadikan NTB sebagai hutan lindung. Rencananya, kata dia, investor dari Korea tersebut meminta lahan 5.000 hektar di Pulau Lombok. Nantinya, lahan tersebut tidak boleh ditebang dan tetap dijadikan hutan lindung dalam upaya menjadikan NTB khususnya sebagai paru-paru dunia.

Meski demikian, ungkapnya, pihaknya masih belum menentukan di areal hutan mana yang akan dijadikan hutan lindung di Pulau Lombok, karena harus membicarakan dengan beberapa elemen terkait.

Dipilihnya NTB oleh investor dari Korea, katanya, karena Pemprov NTB aktif menyampaikan program penghijauan atau rehabilitasi hutan ke tingkat pusat. Tentunya, alasan inilah yang menjadi salah satu pertimbangan dari investor menjadikan NTB sebagai paru-paru dunia, di samping alasan lainnya.

1 Comment

  1. ceroboh says:

    cobax tanami pohon beringin,pasti orang enggan untuk menebang,karena beringin sangat di mistiskan rakyat lombok,disamping pohonnya jaran bisa dimanfaatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *