Permasalahan Utama Pertanian Tembakau Kualitas Krosok Tembakau yang Rendah dan Tidak Menentu

Pemilu itu
April 17, 2009
BUDAYA TEMBAKAU VIRGINIA DI LOMBOK: Deskripsi dan Evaluasi Teknologi Pengovenan Tembakau
April 19, 2009

Permasalahan Utama Pertanian Tembakau Kualitas Krosok Tembakau yang Rendah dan Tidak Menentu

Bagian 3B:   Permasalahan Utama Pertanian Tembakau Kualitas Krosok Tembakau yang Rendah dan Tidak Menentu

Oleh: M Roil Bilad

[Sasak.Org] Secara umum kualitas rata-rata krosok tembakau Lombok cukup baik. Saat ini kualitas krosok tembakau Virginia Lombok hanya kalah diri  produk Amerika dan brazil. Numun demikian pada praktiknya, sangat sulit untuk mendapatkan krosok dengan kualitas/grade tinggi secara terus menerus dan berulang kali, meskipun sudah mendapatkan pendampingan dari petugas lapangan perusahaan rokok.

Grade krosok menjadi sangat penting mengingat harga jual  krosok ditentukan oleh grade yang diperoleh. Sampai saat ini grade dari krosok tembakau ditentukan tingkatannya oleh pembeli (perusahaan rokok). Parameter grade tembakau ditentukan secara sepihak tanpa ada parameter yang jelas. Hal ini yang seringkali membuat petani dikecewakan. 

Karena kompleksitas dan tingginya tingkat kesulitan pengovenan tembakau untuk secara konsisten mendapatkan kualitas terbaik, maka sering kali mengoven tembakau dianggap memiliki suatu seni tersendiri. Namun demikian, meskipun tidak ada standard kuantitatif mengenai analisis komposisi kimia-nya. Asosiasi perusahan tembakau membuat standard yang dianut secara konsisten. Beberapa standard penetuan grade tembakau krosok akan ditunjukkan pada tabel-tabel dibawah ini.

Tabel 1: Contoh standarisasi Grade Tembakau (Standard kuantitatif)

 

Tabel 2: Contoh Standarisasi grade tembakau (Visual)

 

Sebenarnya terdapat standard resmi mengenai kualitas krosok tembakau. Jika petani mengetahui-nya maka tidak akan gampang menuduh adanya kecurangan. Sebagai bahan rujukan, berikut dilampirkan standard resmi krosok tembakau virginia. Silahkan di download pada link berikut ini, Official Standard Grades Virginia Fired-Cured Tobacco (U.S. Type 21). Jika memang sudah terdapat standard resmi, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mendapatkan kualitas krosok tembakau terbaik sehingga memberikan keuntungan maksimal bagi petani tembakau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *