Konstruksi biodigester biogas siap dieksekusi
July 15, 2011
Ramadhan Bohong Lagi
July 29, 2011

Program Bangun Desa – Masyarakat Siapkan Lokasi Biodigester

Lombok Tengah [Sasak.Org] Hari Ahad, 17 Juli 2011 sekitar pukul 15.00 wita, Masyarakat bunmundrak beramai ramai gotong royong guna membersihkan dan menggali site yang akan digunakan sebagai tempat biodigester.

 “Untuk biodigester 1, untuk tahap awal pengadaan material yg diperlukan baru mencapai 40%”  sebagaimana Informasi yang dikirimkan oleh KS Regional Lombok, Le Wharid Rakhmana.

Program instalasi  biodigester ini merupakan rangkain Program Bangun Desa yang dilaksanakan oleh Komunitas Sasak bekerjasama dengan IPEBI dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah.  Saat ini, program yang diprioritaskan adalah perbaikan sarana perkandangan, pengolahan/pengawetan pakan dan instalasi biodigester.

Instalasi biodigester bekerjasama dengan Hivos, lembaga non-profit dari Belanda. Hivos akan memberikan dana bantuan sebesar dua juta rupiah untuk setiap instalasi. Instalasi pertama dimulai pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2011, diawali dengan do’a dan tahlilan bersama anak yatim piatu di sekitar tempat instalasi yaitu di Desa sukarara, kecamatan jonggat, kabupaten lombok tengah. [WKS]

2 Comments

  1. Hasanain Juaini says:

    Para Mujahid yang saya cintai!
    Assalamu’alaikum
    Karena pengalaman panjanglah maka saya usulkan:
    Buatlah Sektik-tank yang dalam dan kedap air, ditepi jalan yang mudah diakses truk, kelak kita sedot caranya untuk mengeluarkan isinya, lalu bisa ditransfer ke tangki biogas atau ke sawah-sawah untuk rekondisi soil, atau ke kebun-kebun atau ke sebuah lapangan luas khusus pengolahan pupuk kompos, atau ke sentra pengerajin ternak belut dan cacing. kalau kita tidak mampu beli mobil tangki(tinja) maka kita bisa beli mobil bekas + diesel penyedot dan tangki fiber. wallau a’lam. Jangan ulangi kegagalan saya
    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *