Proposal desa binaan komunitas sasak mendapat respon positif dari IPEBI

Tujuh Dosa Besar Kita
July 23, 2010
Hari menfitnah Allah
August 29, 2010

Proposal desa binaan komunitas sasak mendapat respon positif dari IPEBI

Lombok Tengah [Sasak.Org] Sebagai bentuk kegiatan nyata komunitas sasak, sebuah proposal desa binaan melalui pengembangan system pertanian terpadu diajukan ke IPEBI (Ikatan pegawai bank Indonesia) beberapa bulan yang lalu. Pada kegiatan ini, IPEBI diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dana sedangkan KS regional Lombok akan bertindak sebagai pengelola. Setelah melalui proses evaluasi, IPEBI merespon positif rencana tersebut. Baru-baru ini 31 Juli sampai 1 agustus 2010, rombongan IPEBI dari Jakarta melakukan survey lapangan ke lombok.

Adapun desa yang direncanakan menjadi objek kegiatan adalah desa sukarara, kecamatan jonggat, kabupaten lombok tengah. Desa ini dipilih karena selain pernah menjadi lokasi percontohan kegiatan KS sebelumnya, desa ini memenuhi criteria yang diajukan oleh IPEBI. Selain terkenal sebagai pusat kain sesek di Lombok, desa sukarare juga merupakan sentra peternakan sapi NTB. Beberapa kelompok ternak sudah lama terbentuk dan proses budidaya juga sudah berjalan dengan baik.

Proposal yang diajukan harus merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi jumlah masyarakat miskin di desa. Bentuk kegiatannya dapat berupa pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan pembangunan kewirausahaan. Komunitas sasak berharap agar kegiatan ini benar-benar dapat terlaksana dalam waktu dekat.

Beberapa dokumentasi kegiatan survey dapat dilihat pada foto-foto berikut ini:

Lokasi kegiatan

 

Diskusi dan berbagi informasi

Diskusi dan berbagi informasi antara IPEBI dan KS

Kandang kolektif

Kandang kolektif

2 Comments

  1. Gupran says:

    Karya nyata kepedulian sasak.org do’a ikhlas dari kami di malaysia semoga sasak.org mendapat jalan dan petunjuk untuk memajukan lombok.amin

  2. lmjaelani says:

    InsyaAllah semoga barokah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *