Apa kabar Propinsi Pulau Sumbawa?
January 28, 2013
Program Desa Mandiri Ekonomi KS-BI 'Full Employment'
February 15, 2013

Sinopsis Film Sasak

Mustafa adalah seorang pemuda dari keturunan jajar karang (rakyat biasa) yang jatuh hati pada Mandalika yang notabene adalah gadis keturunan bangsawan bergelar Baiq. Mereka berjumpa pada saat Mandalika diganggu preman kampung dan Mustafalah yang saat itu menolongnya.

Kedua orang tua mereka tentu saja sangat menentang hubungan ini karena alasan stratifikasi sosial. Menurut tradisi suku sasak, hubungan berbeda kasta itu tidaklah pantas, sebab jika ditentang dan mereka nekat melanjutkan hubungannya sampai ke jenjang pernikahan, maka Mandalika akan kehilangan gelar kebangsawanannya, dibuang dari keluarganya, anak-anaknya tidak jelas “papuq baloqnya” (kakek-neneknya), serta tidak menerima warisan. Namun baik Mustafa maupun Mandalika tetap melanjutkan hubungan mereka walaupun harus menentang ketentuan adat yang demikian. Sampai akhirnya Mandalika hendak dijodohkan dengan seorang keturunan bangsawan juga, yaitu Lalu Wirakarta, Mustafa malah nekat “merariq” (melarikan perempuan sebelum dinikahi secara resmi) dengan Mandalika.
 
Tekad keras mereka yang terus ingin mempertahankan hubungan tersebut akhirnya membuat kedua orangtua mereka menguak sebuah rahasia besar. Mustafa dan Mandalika dilarang menjalin hubungan sebenar-benarnya bukanlah semata karena tradisi, namun karena kisah masa lalu orangtua kandungnya.
 
Apakah rahasia besar itu?
Saksikan Dedare Sasak Film.

Sumber : http://dedaresasakfilm.blogspot.jp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *