Sudah 203 Kali Gempa Susulan Guncang Lombok, Kekuatannya Makin Menurun

Ditlantas Polda NTB Peduli Gempa Lombok
July 29, 2018
Kapolda NTB Dampingi Presiden kunjungi Korban Gempa
July 30, 2018

Sudah 203 Kali Gempa Susulan Guncang Lombok, Kekuatannya Makin Menurun

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan keterangan pers terkait gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan pengamatan BMKG, sudah ada sekitar 203 gempa susulan yang terjadi.

“Berdasarkan monitor BMKG, terekam gempa susulan 203 kali susulan dengan (kekuatan) 5,7 magnitudo dan 2,1 magnitudo,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor Pusat BMKG, Jalan Angkasa, Jakarta, Minggu (29/7).

Dwikorita lalu menjelaskan melihat frekuensi yang ada, kekuatan gempa semakin menurun. Yang membuat jeda antara gempa awal dan berikutnya panjang.

“Sehingga dengan melihat kecenderungan tampak sangat kecil terjadi gempa yang lebih besar dari utamanya,” lanjut dia.

Namun demikian, BMKG tetap memonitoring potensi gempa yang terjadi di Lombok. Selain itu, Dwikorita menerangkan hasil analisis BMKG bahwa gempa bumi yang terjadi di Lombok merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Yang diakibatkan aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Gempa bumi dipicu deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar pada skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja dan Gianyar II SIG-BMKG (III-IV MMI).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *