Taqdirmu, Catatan Pengumuman CPNS 2013

Resensi Buku : TITIK JENUH YANG BERUJUNG DI AKHIR KHUSNUL KHATIMAH
December 24, 2013
Jodoh Karena ..
January 4, 2014

Taqdirmu, Catatan Pengumuman CPNS 2013

Zulkipli, SE, MM

Oleh Zulkipli, SE, MM

[Sasak.Org] Salah seorang guru di madrasah tempat saya mengabdi, termasuk golongan K2 (Kategori 2), dia termasuk guru yang lama mengabdi, tetapi tidak selama K1 sehingga harus ikut tes dengan sesama K2. Maksud saya ingin mengajaknya bertawakkal “Ustadz, insyaallah, jika madrasah ini menjadi tempat terbaik, maka disinilah antum akan mendapat rizki lewat sertifikasi guru,tapi mudahan lulus jadi PNS”. Malah beliau jawab, “saya disana saja (SD tempatnnya masuk K2), biar saya jadi PNS”. Dengan raut wajah yang agak berbeda.
Do’a itu dalam kaidah nahwu diartikan sebagai -minal adna ilal a’la- atau dari bawah ke atas, dan itu adalah kewajiban makhluk (yang diciptakan) berdo’a ke khaliq (pencipta). Sedangkan amr’ itu bermakna -minal a’la ilal adna- dari atas ke bawah. Do’a wajib dipanjatkan karena dalam salah satu hadist dikatakan -hanya do’a yang mampu merubah taqdir- wallahua’lam.
11.000-an orang ikut tes CPNS dan hanya sebagian sangat kecil yang diterima. Bisa jadi 11.000 orang ini do’anya sama yaitu agar diluluskan, tetapi Allah Swt sang maha penentu. Banyak yang seperti bukannya berdo’a tetapi seperti amr (perintah) kepada Allah. Apa yang dia inginkan agar dikabulkan oleh Allah Swt.
Banyak kita lihat distatus sosmed maupun messenger bahwa Allah Swt telah menyiapkan keputusan terbaik untuk kita, walaupun bukan yang kita inginkan. Bisa jadi kita jadi PNS, bukannya meningkatkan ibadah kita, bukannya menambah kebaikan kita, bukannya membuat kita semakin kaya, atau lainnya. Apa yang satu detik terlalu, itulah taqdir kita. Satu detik ke depan dan seterusnya adalah ikhtiar kita dan keikhlasan kita bertawakkal.
Kita hanya perlu berniat baik, berproses dengan baik yang insyaallah pasti berakhir dengan baik dan mendapatkan yang terbaik. Allah Swt maha adil.
Selamat bagi yang lulus PNS hari ini, semoga dengan amanah baru nantinya engkau semakin dekat dengan Allah Swt, semakin bermanfaat untuk ummat. []

Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Daerah Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Utara dapat dilihat di http://www.ntbprov.go.id/file.php?cat=renstra&subcat=file_cpnsd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *