Tiongkok
June 22, 2010
Dosa
June 22, 2010

Tiongkok

Hazairin R. JunepBeijing [Sasak.org] Tiongkok, Chung Kuo atau China selalu menggemparkan dunia sepanjang sejarah manusia. Kaum muslimin dinasihati agar berbondong bonding menuntut ilmu disana. Ketika sejarahnya agak kelam orang menganggapnya macan yang sedang tidur. Napoleon Bonaparte berkata bahwa kelak akan terjadi invasi kuning. Nasihat untuk kaum muslim itu sangat jitu dan benarlah bahwa macan itu sudah bangun dan benara pula Napoleon dengan terawangannya.

Produk China menguasai dunia dan mata uangnya terus menguat sehingga Amerika Serikat kelimpungan dibuatnya. Orang China selalu teguh dalam berjuang demi memperbaiki kehidupan mereka. Mereka adalah bangsa terbesar di dunia ini dan ada dimanapun dibawah kolong langit kita. Sejak mulai berkelana diseantero jagat saya selalu menemukan barang buatan China dengan harga sangat murah. Kualitas jelek harganya super murah sampai kualitas super dengan harga yang sangat kompetitif, tanpa menyebut yang palsu dan ilegal.

Saya belajar menyumpit makanan hampir dua minggu dan ketika masuk Jepang saya sangat kagok menyumpit dan setelah lama saya merasakan betapa berbedanya makan dengan sumpit dibanding makan dengan tangan dan sendok. Makan dengan sumpit adalah seperti membaca ayat yang indah kata demi kata. Kita menjepit sebutir nasi atau sepotong kecil mie atau daging cincang sebesar lalat rasanya nikmat sekali. Itu seperti yang diajarkan ustad di berugax bahwa kalau kita makan hendaknya memakai tiga jari yaitu jari tengah, telunjuk dan jempol. Disiplin mengunyah 20 kali lebih itu bisa kita lakukan sebab kita tak bisa menyendok dengan lahap segenggam nasi atau lauk. Orang China sudah mengerti bahwa asam yang ada diliur membantu pencernaan apabila dikunyah dalam waktu lama. Saya harus mendisiplinkan diri agar gangguan lambung tak sering datang. Saya mulai membeli sumpit Jepang dan China dimana mana baik untuk dipakai atau untuk koleksi.

Pengobatan cara China sungguh luar biasa asal jangan tertipu yang palsu, baik alat maupun obat alamiahnya sangat baik kualitasnya. Saya membeli alat alat yang secara bergurau kami sebut pseudo masochist alias alat untuk menyiksa diri. Ada keping berduri cara Tibet yan ditindih dibagian yang sakit, dalam waktu 10 menit darah mengalir lancar dan badanpun menghangat. Ada alat berupa mangkuk elastis atau gelas khusus untuk merekonstruksi fisik baik untuk kecantikan atau kesegaran. Penggunaannya sama dengan teknik kop tapi digerakkan kearah luar atau dalam sehingga efeknya akan membuat kulit memerah dan hangat. Dan begitu banyak alat yang diciptakan untuk kesehatan dan kenyamanan hidup.

Kita sering berolok olok dengan bahasa China yan bunyinya aneh dan lucu hanya karena kita gagal meniru bunyi standarnya. Anehnya tidak banyak dari kita mencoba mendalami budaya dan sastra China kecuali lewat terjemahan. Kesempatan untuk studi lanjut terbuka lebar dengan biaya relative lebih murah dari negara manapun. Salah satu rahasia kemajuan China adalah bahwa mereka membuka institute yang mempelajari semua bahasa dan kebudayaan dunia sehingga mereka memiliki pakar budaya apapun. Dengan banyaknya pakar budaya dan prestasi teknologi tinggi itulah mereka merebut pasar global. Pada suatu kesempatan pameran pariwisata internasional di Jerman, stand China dijaga hanya dua orang saja tapi masing masing menguasai 6 bahasa atau lebih. Sementara stand kita kebanyakan orang dan bahasanya hanya yang itu itu saja.

Saya akan mendapat guide dengan pengantar bahasa Rusia. Saya pernah memenangkan hadiah pada sayembara pengetahuan kepariwisataan China, sekarang saya ingin melihat apa yang terjadi di depan mata. Konon seorang pemandu wisata dapat membawa 150 bis rombongan turis pertahun. Saya di Jogjakarta sebagai pekerja professional di bidang yang sama kalau dipaksa paling banyak 10 bis pertahun dan rata rata 8 kali membawa turis dengan mobil L 300 dengan penumpang makismal 6 orang. Banyak sekali pemandu wisata yang menganggur di Jogjakarta padahal ia adalah tujuan wisata ke dua di Indonesia setelah Bali!.

Di Rusia, hampir semua produk di toko atau di pasar adalah buatan China. Saya cukup beruntung membeli sepatu sandal merk GEOX yang sangat berkualitas dibutik khusus. Saya sangat nyaman memakainya suatu hari saya mengelapnya dan terbacalah made in Indonesia. Karena penasaran saya bergentayangan ke berbagai pusat perbelanjaan dan saya menemukan mall besar bernama Versal. Salah satu pavilion adalah penjual cendera mata. Baru disitulah saya melihat barang Indonesia hampir sebanyak barang China untuk kerajinan kayu. Ada patung komodo, gendang buatan Jatim, gajah dan lain lain. Pakaian sport mewah dari sepatu sampai kostum kita bersaing keras dengan Vietnam dan Thailand, berjejer di pavilion sebelah.

Perjalanan ini mengingatkan saya pada Labuhan Haji di Lombok Timur, waktu kecil tempat itu sudah seperti pecinan yang maju tapi setelah rusuh tinggallah puing puing yang menyedihkan. Jangan kira orang China memperoleh penghasilan lebih besar dari kita, mereka juga sulit tapi stabilitas ekonomi menolong mereka hidup normal, uangnya stabil sehinga mereka dapat merancang masa depan dengan tenang. Dan satu lagi bahwa mereka adalah manusia paling tangguh melewati segala zaman. Inilah yang harus diperjuangkan oleh masyarakat agar negeri kita stabil dan aman dalam bekerja. Kalau kita terus rusuh kita tak pernah hidup tenang tak akan tercapai cita cita. Rakyat hendaknya bekerja keras agar dapat membuat sesuatu bagi negerinya. Kalau kita hanya menuntut ini itu maka kita tak akan kunjung memperolehnya. Lebih baik kita konsentrasi dan terus bekerja, dengan mencontoh China yang tekun dalam memperjuankan kemakmurannya baik dalam politik yang tertutup tirai bambu dan atau dalam politik yan lebih terbuka.

China mengembangkan ekonomi liberal dalam kehidupan politik masyarakat sosialis yang berideologi Komunis. Suatu kombinasi yang tak satupun bangsa sanggup melakukannya. Kini China menjadi suri toladan bagi bangsa besar semacam Eropa dan USA. Kita bisa menerapkan pasar liberal dengan system sosialis dengan berideologi Islam. Yang penting adalah bahwa kita punya jati diri kuat sehingga system apapun dapat berjalan dengan cermat dan terukur.

Semoga kita makin banyak membimbing pemuda dan pemudi kita agar bertekun diri, mendalami ilmu dan teknolgi yang berlandaskan pada rahmatan lilalamin sehingga kesejahteraan dapat dicapai lahir dan bathin.
Wallahualambissawab

Demikian dan maaf
Yang ikhlas
Hazairin R. JUNEP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *