TKW berpesbuk

Bu Dewi, Fenomenal
April 27, 2014
Jaje Lupis dan Kedebak
April 29, 2014

TKW berpesbuk

TKW berpesbuk
(catatan untuk TKW yang sedang keranjingan Facebook)

Oleh Zulkipli, SE, MM *)

Zulkipli, SE, MM[Sasak.Org] salah satu efek dari internet murah adalah  semua lapisan masyarakat dapat menggunakan fasilitas internet, mungkin hal itu yang menyebabkan para TKW asal Lombok ramai-ramai mencoba pekerjaan baru bernama narsis,selfie,alay, atau nama kekinian lainnya.

sejak setahun lalu, teman saya yang dulu di Lombok pekerjaannya tidak jauh dari dapur, sawah, maupun urus anak, kini menjadi filosof lewat status-status mereka. mereka berubah menjadi model foto lewat foto-foto narsis yang mereka unggah. yang lebih parah, ada yang memasang foto ala manusia purba (kekurangan pakaian).

apapun bentuk ekspresi mereka di dunia maya, mereka telah mendapatkan hal baru yang tidak didapatkan di kampung halaman mereka di Lombok. yang agak lucu, inaqnya sedang keranjingan pesbuk, anaknya juga sedang keranjingan sosmed ini, hehheeee…..sayang, mereka sepertinya tidak saling invite, ibunya nyari yang sebaya atau berondong, anaknya sasar remaja.

di tahun 2000an, demam internet bagi TKI/TKW sudah melanda khususnya yang memilih tujuan kerja asia timur.¬† ketika itu masih jayanya YM ataupun friendster. kini, pilihan makin banyak. satu lagi yang kini menjadi ajang ‘selemor ate’ inget gumi sasak yaitu youtube, cobalah meengklik tombol cari lalu ketiklah sasak, ribuan pengguna youtube yang tampil, mayoritas TKI/TKW, lihat komen-komen mereka.

iya, internet telah menambah pengetahuan mereka sekaligus berpeluang merusak akhlak mereka. biasanya pengguna awal lebih tertarik mencari konten porno, baik yang gambar, video, maupun tulisan. []

*) koordinator komunitas sasak regional lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *